News Selasa, 15 Maret 2022 | 21:03

Sulsel Siap Support Logistik Pangan untuk Ibu Kota Nusantara

Lihat Foto Sulsel Siap Support Logistik Pangan untuk Ibu Kota Nusantara Ilustrasi IKN. (Foto: Twitter)
Editor: Rio Anthony

Balikpapan - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) siap mensupport logistik untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Mengingat Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu lumbung beras nasional. Sulsel dapat menjadi pemasok utama beras karena produksi beras melimpah.

"Semua mendukung IKN ya. Sulsel ini siap mensupport Ibu Kota Nusantara di Kaltim. Termasuk logistik pangan untuk IKN," ujar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Selasa 15 Maret 2022.

Ia berharap, hal ini sebagai dukungan Pemprov Sulsel terhadap IKN di Kaltim. Apalagi Sulsel memiliki beragam sumber daya alam.

"Sulsel akan mengambil bagian dalam Pembangunan IKN termasuk supporting logistik dan bisnis kerja sama dengan lokasi Sulsel sangat strategis dengan lokasi IKN berada," ungkapnya.

Terkait hal ini, Andi Sudirman mengatakan perlunya sinergitas dan komitmen bersama untuk sebuah tujuan dalam agenda besar termasuk pemerataan pembangunan nasional yang berkeadilan.

Seperti diketahui, berdasarkan data BPS, produksi beras di Sulawesi Selatan (Sulsel) naik 8,12% atau 219,3 ribu ton pada 2021. Pada tahun 2020 produksi beras hanya di angka 2,7 juta ton kemudian meningkat menjadi 2,92 juta ton di tahun 2021.

Pada 2021, luas panen padi sebesar 0,99 juta hektare dengan produksi sebesar 5,09 juta ton Gabah Kering Giling (GKG). Jika dikonversikan menjadi beras, maka produksi beras pada 2021 mencapai 2,92 juta ton. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya