News Jum'at, 05 Januari 2024 | 14:01

Survei LSN: Prabowo-Gibran Kalahkan Elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Lihat Foto Survei LSN: Prabowo-Gibran Kalahkan Elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Lembaga Lingkar Survei Nusantara (LSN) merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bakal bertarung di Pilpres 2024 nanti.

Dari hasil survei itu, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry mengungkapkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas sebesar 49,5 persen.

Sementara pasangan Anies-Muhaimin memperoleh elektabilitas sebesar 24,3 persen, dan Ganjar-Mahfud mendapat elektabilitas sebesar 20,5 persen.

"Jika pada survei LSN November 2023, Prabowo-Gibran mengalami peningkatan elektabilitas sekitar 7,4 persen. Ganjar-Mahfud masih 28,8 persen dan berada di posisi kedua, kini tinggal 20,5 persen alias anjlok sebesar 8,3 persen hanya dalam waktu sebulan," kata Gema dalam pemaparannya, Kamis, 4 Januari 2024.

Selain itu, dia juga menjelaskan temuan lain dalam survei itu, di mana bagian terbesar pemilih Prabowo-Gibran atau 35,7 persen responden beralasan bahwa pasangan tersebut dapat menjamin keberlanjutan program-program strategis Presiden Jokowi.

Selanjutnya, 18,9 persen menyebut mereka merupakan pasangan ideal, karena kombinasi tokoh tua dan muda dengan latar belakang TNI dan sipil.

Kemudian, 12,2 persen memilih karena melihat kinerja Prabowo yang sangat baik sebagai Menteri Pertahanan RI dan Gibran yang juga berkinerja baik sebagai Wali Kota Solo.

Dijelaskannya, survei LSN ini dilaksanakan pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.420 orang.

LSN menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 2,6 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya