News Minggu, 30 April 2023 | 16:04

Survei Terbaru Indikator Politik, PDIP Masih Teratas Menyusul Gerindra

Lihat Foto Survei Terbaru Indikator Politik, PDIP Masih Teratas Menyusul Gerindra Pertemuan kerja sama politik PDIP dan PPP, Minggu, 30 April 2023. (Foto: ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, pilihan masyarakat ke partai politik, PDIP meraih dukungan tertinggi. Survei nasional dilakukan periode 11 - 17 April 2023. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi memaparkan hasil temuan surveinya melalui kanal YouTube lembaganya pada Minggu, 30 April 2023.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Erick Thohir Kunci Kemenangan untuk Semua Capres di Pilpres 2024

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih. 

Dalam survei, kepada responden ditanyakan, jika pemilihan anggota DPR RI diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan dipilih.

Jawabannya, PDIP paling banyak dipilih, yakni 23.9 persen. Kemudian Gerindra 13.7 persen, Golkar 10.2 persen.

Demokrat 7.6 persen, PKB 6.6 persen, NasDem 6.5 persen, PKS 4.7 persen, PAN 2.5 persen, PPP dan Perindo masing-masing 2.4 persen.

Sementara partai lainnya kurang dari 1 persen, dan sekitar 17.2 persen belum menunjukkan pilihan. []




Berita Terkait

Berita terbaru lainnya