News Kamis, 03 Maret 2022 | 12:03

Survei Terbaru LSN, Elektabilitas Moeldoko Menyodok 10 Besar

Lihat Foto Survei Terbaru LSN, Elektabilitas Moeldoko Menyodok 10 Besar Moeldoko. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyodok 10 besar elektabilitas capres jika pemilihan presiden digelar sekarang.

Ini sesuai survei terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSN) yang merilis hasil survei, Kamis, 3 Maret 2022.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam rilis survei menyebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih dominan di rating survei.

Prabowo terus dibuntuti Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

“Lebih dari setahun ini Prabowo terus bertahan di posisi puncak elektabilitas, diikuti oleh Anies dan Ganjar yang bergantian di posisi kedua dan ketiga,” kata Gema. 

Namun sebuah fenomena menarik, tokoh ‘pendatang baru’ yang juga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir menyodok 10 besar elektabilitas capres.

Survei nasional dilakukan LSN pada 12 - 24 Februari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel dalam survei LSN kali ini sebesar 1537 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling). 

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. 

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan kuesioner.

Baca juga: Diusir Massa Aksi Kamisan, Moeldoko: Itu Sesuatu yang Biasa!

Ketika kepada responden ditanyakan, siapakah yang akan dipilih apabila pemilihan presiden (pilpres) dilaksanakan hari ini? 

Kepada responden disediakan 15 nama tokoh nasional yang sebagian besar sering muncul dalam rilis survei dari berbagai lembaga riset. 

Hasilnya, sebanyak 21,9 persen mengaku akan memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kemudian 19,2 persen responden memilih Gubernur DKI Anies Baswedan dan 18,8 persen responden memilih Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Selengkapnya:

Prabowo Subianto 21,9 persen

Anies Baswedan 19,2 persen

Ganjar Pranowo 18,8 persen

Sandiaga Uno 8,7 persen

Ridwan Kamil 7,5 persen

Basuki Tjahaya Purnama 3,9 persen

Erick Thohir 2,8 persen

Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen

Moeldoko 2,5 persen.

Salah satu temuan menarik dari survei LSN kali ini adalah munculnya nama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir di posisi 10 besar elektabilitas capres. 

Menurut Gema, menyodoknya nama KSP Moeldoko dan Erick Thohir di 10 besar elektabilitas capres ini tentu cukup luar biasa, mengingat keduanya mengungguli tokoh-tokoh “senior” yang sudah lama namanya bertengger di papan survei.

Seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya