News Minggu, 04 Juni 2023 | 17:06

Survei Terbaru: Prabowo Menguat, Ganjar, dan Anies Stagnan

Lihat Foto Survei Terbaru: Prabowo Menguat, Ganjar, dan Anies Stagnan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Hasil temuan survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan peta dukungan capres dan cawapres menunjukkan dinamika yang cukup besar dalam sebulan terakhir.

Prabowo Subianto tampak mengalami peningkatan dukungan, sementara pesaing utamanya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan tampak stagnan atau melemah dalam sebulan terakhir.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkap hal itu dalam rilis hasil temuan survei pada Minggu, 4 Juni 2023.

Disebutnya, pada simulasi 18 daftar nama semi terbuka, Prabowo dan Ganjar imbang di posisi teratas, masing-masing sekitar 25 persen. 

Kemudian Anies sekitar 12.5 persen, Erick 5 persen, Ridwan Kamil 4.9 persen dan nama lain masih lebih rendah dukungannya. 

BACA JUGA: Meski Terus Dihajar Lawan Politik, Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Naik

Ganjar, Anies dan Sandi mengalami penurunan, terutama Ganjar. Prabowo sedikit menguat, Erick menguat lebih besar, dan AHY stagnan.

Pada simulasi 3 nama capres, Prabowo konsisten menunjukkan tren peningkatan sejak awal tahun 2023. 

Ganjar sempat menguat pasca polemik PD U-20 dan ditetapkan sebagai capres dari PDIP, tapi stagnan dalam sebulan terakhir.

"Sementara Anies masih kesulitan keluar dari tren penurunan sejak akhir tahun lalu," tukas Muhtadi.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. 

Margin of error survei diperkirakan sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Periode survei dilakukan pada 26-30 Mei 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya