Daerah Selasa, 27 Februari 2024 | 17:02

Susanti dan Perwakilan Pj Gubernur Sumut Buka Musrenbang RKPD Siantar Tahun 2025

Lihat Foto Susanti dan Perwakilan Pj Gubernur Sumut Buka Musrenbang RKPD Siantar Tahun 2025 Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani bersama perwakilan Pj Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Kepala Dinas Ketenagakerjaan Abdul Haris Lubis dan Forkopimda Siantar membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pematangsiantar Tahun 2025. 

Musrenbang RKPD dilaksanakan di Ballroom Hotel Horison, Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Selasa, 27 Februari 2024.

Susanti menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyusunan RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2025. 

Musyawarah RKPD merupakan agenda tahunan guna menyepakati prioritas pembangunan, program, dan kegiatan yang akan diselenggarakan tahun berikutnya.

Ia berharap kegiatan itu menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Susanti memaparkan beberapa capaian indikator makro ekonomi dan sosial Kota Siantar tahun 2023. 

Ia mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil komitmen dan kerja bersama di tahun 2023 dalam rangka bangkit dan maju guna mewujudkan Kota Pematangsiantar yang sehat, sejahtera, dan berkualitas.

Salah satunya, mendapat peringkat 11 sebagai kota paling toleran di Indonesia.

"Di mana di tahun sebelumnya Kota Pematangsiantar berada di urutan ke-31," kata Susanti.

Ia turut memberikan informasi bahwa pemerintah kota (Pemko) meraih juara pertama tingkat Provinsi Sumut untuk Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

"Insya Allah akan mewakili Provinsi Sumatera Utara di tingkat nasional, dan semoga nantinya Kota Pematangsiantar akan meraih juara di tingkat nasional," ujarnya.

Dia menjelaskan, pembangunan Siantar Tahun 2025, yaitu peningkatan infrastruktur pelayanan dasar bagi masyarakat dan percepatan pertumbuhan ekonomi, maka ditetapkan empat prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan.

Pertama, peningkatan infrastruktur dan lingkungan dengan fokus meningkatkan konektivitas wilayah dan cakupan infrastruktur dasar dan meningkatkan mitigasi dan pengelolaan sampah.

Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan fokus meningkatkan peran UMKM sebagai pilar utama peningkatan ekonomi daerah.

Ketiga, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan fokus menyelesaikan permasalahan stunting.

Dan terakhir, peningkatan tata kelola pemerintahan dengan fokus meningkatkan pelayanan publik melalui integrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Ia juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Kota Siantar.

"Terutama buat Kapolres dan Kajari serta sejumlah unsur Forkopimda. Sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan lancar di kota yang kita cintai ini," ucap Susanti.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya