Daerah Jum'at, 13 Oktober 2023 | 21:10

Susanti Dewayani dan Bobby Nasution di Pembukaan Pertandingan Sepak Bola Komwil I APEKSI

Lihat Foto Susanti Dewayani dan Bobby Nasution di Pembukaan Pertandingan Sepak Bola Komwil I APEKSI Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. (Foto: Istimewa)

Siantar - Pertandingan persahabatan sepak bola Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) resmi dibuka oleh Ketua Komwil I APEKSI yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Didampingi Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani selaku tuan rumah, pembukaan berlangsung di Lapangan Rindam I/Bukit Barisan, Jalan Argasari, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Siantar, Jumat sore, 13 Oktober 2023.

Ketua Panitia sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, HM Sofyan menjelaskan bahwa penunjukan Kota Siantar sebagai tuan rumah sesuai penetapan program kerja Komwil I APEKSI di Kota Batam beberapa waktu lalu.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, sebagai wadah untuk membantu anggotanya dalam mempercepat pelaksanaan perekonomian daerah sekaligus menciptakan iklim kerja sama, serta sebagai salah satu kalender kerja Komwil I APEKSI.

"Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Komwil I APEKSI ini berlangsung tanggal 12 hingga 16 Oktober 2023 di Kota Pematang Siantar yang menggunakan dua lapangan, yaitu Lapangan Rindam I/Bukit Barisan dan Lapangan Kodim 0207/Simalungun," kata Sofyan.

Sedangkan tim yang mengikuti pertandingan yaitu Pematang Siantar, Medan, Sibolga, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Binjai, Subulussalam, Lhokseumawe.

Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta pertandingan persahabatan Sepak Bola Komwil I APEKSI.

"Ini menjadi kebanggaan kami sebagai tuan rumah. Semoga aman dan nyaman berada di Kota Pematang Siantar," kata Susanti.

Ia mengungkapkan, kegiatan pertandingan tersebut sebagai tindak lanjut dan bentuk komitmen Komwil I APEKSI dalam membangun olahraga nasional demi mendongkrak perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, dia berharap pertandingan tersebut membuat persahabatan anggota Komwil I APEKSI semakin erat. Sehingga kerja sama semakin baik.

"Mari kita saksikan Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Komwil I APEKSI dengan penuh kegembiraan, dan tim bertanding dengan menjunjung sportivitas.
Ada istilah Kamerun, kalah menang tetap rukun," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komwil I APEKSI yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution sebelum membuka kegiatan menyampaikan, APEKSI merupakan asosiasi kepala daerah di wilayah kota.

Komwil I APEKSI beranggotakan kota-kota dari lima provinsi, yaitu Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Bobby menyinggung timnas sepak bola yang baru memenangkan pertandingan melawan Brunei Darussalam 6-0. Kata Bobby, akhir-akhir ini timnas banyak mengikuti laga internasional dengan pencapaian yang baik.

"Banyak potensi di kota-kota yang harus diberi fasilitas, termasuk di bidang olahraga khususnya sepakbola. Kami melalui Komwil I APEKSI mendorong agar pemerintah kita di masing-masing daerah memberikan fasilitas olahraga di daerah masing-masing. Misalnya, lapangan sepakbola di tingkat kelurahan atau kecamatan. Ini akan mendorong mental generasi muda menjadi baik dan tangguh," terang Bobby.

Bobby melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan Indonesia Emas 2045 dengan bonus demografi. Di tahun tersebut, yang menjalankan roda ekonomi dan pemerintah adalah generasi muda saat ini.

"Kita harus bisa mempersiapkan generasi muda saat ini. Jangan sampai jadi bencana demografi," tukasnya, seraya berharap hubungan antar pemerintah kota di Komwil I APEKSI semakin erat dan terjalin kerja sama di bidang lainnya.

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi antara tim APEKSI vs tim Rindam I/Bukit Barisan. Pertandingan dimenangkan tim APEKSI dengan skor 4-1.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya