Daerah Kamis, 10 Agustus 2023 | 16:08

Susanti Dewayani Hadiri Acara Evaluasi Pelaksana IVA Test Kecamatan Siantar Marihat

Lihat Foto Susanti Dewayani Hadiri Acara Evaluasi Pelaksana IVA Test Kecamatan Siantar Marihat Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani menghadiri Pelaksana Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Kecamatan Siantar Marihat, Kamis, 10 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Sebagai nominator Pelaksana Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut) Tahun 2023.

Salah satu kecamatan di Kota Siantar, yakni Kecamatan Siantar Marihat diharapkan meraih prestasi menjadi yang terbaik. Mengingat sejauh ini sejumlah inovasi dan gebrakan telah dilakukan TP PKK kecamatan tersebut.

Demikian disampaikan Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani, dalam sambutannya di acara Evaluasi Pelaksana IVA Test Kecamatan Siantar Marihat, di Aula Yayasan Budi Mulia, Jalan Melanthon Siregar, Kota Siantar, Kamis, 10 Agustus 2023.

Ketua Pembina TP PKK Siantar ini mengatakan, kegiatan IVA Test banyak berhubungan dengan kaum perempuan. Awalnya kegiatan ini agak sensitif.

Bahkan banyak kaum ibu yang memilih sembunyi saat Tim IVA Test datang dari rumah ke rumah.

"Namun tim tetap bekerja keras untuk memotivasi agar kegiatan IVA Test tidak menakutkan, dan menyenangkan. Sehingga program ini dapat terlaksana maksimal," ujarnya.

Pengakuannya, harus ada inovasi dan terobosan serta mampu membuat suasana senyaman mungkin agar kegiatan IVA Test dapat membuahkan hasil.

Ia menyebut, kegiatan evaluasi yang dilakukan Tim PKK dari Provinsi Sumut menjadi pemicu untuk terus berinovasi dan melakukan terobosan dalam kegiatan IVA Test.

"Mengingat wanita punya peran utama dalam keluarga untuk mendidik anaka-anak. Peran wanita menjadi perhatian untuk mempersiapkan generasi muda demi Indonesia Emas 2045," tukasnya.

Ibu yang sehat, lanjutnya, tidak lepas dari tanggung jawab suami. Sehingga kaum bapak pun diajak peduli IVA Test.

"Kegiatan ini diharapkan menginspirasi dan mendorong kami untuk aktif dan maju, terutama TP PKK Kota Pematang Siantar. Semoga kami mendapat penilaian terbaik dan menjadi terbaik di Sumut," ucap Susanti.

Camat Siantar Marihat Henri G Purba mengucapkan selamat datang kepada Tim Evaluasi Pelaksana IVA Test Provinsi Sumut. Ucapan terima kasih juga disampaikannya Susanti yang telah hadir di acara tersebut.

"Kedatangan Ibu Wali Kota telah men-support kami di Kecamatan Siantar Marihat ini," kata Henri.

Dia memaparkan, berbagai inovasi dan gebrakan telah dilakukan dalam pelaksanaan IVA Test. Misalnya, beberapa waktu lalu pihaknya bersama TNI-Polri telah melaksanakan Gebyar IVA Test.

Selain itu, telah terbentuk Kader IVA Test Kecamatan Siantar Marihat, Brimob (Berani Mobile) IVA Test, dan yang terbaru Pratu (Pria Aktif Tuntaskan) IVA Test.

"Bapak-bapak perlu memberikan dukungan jika sayang dan cinta istri," tuturnya.

Ia menuturkan, pihaknya berkomitmen menjaga kesehatan masyarakat untuk tetap melaksanakan kegiatan IVA Test. Bahkan, pihaknya melakukan terobosan untuk memberikan suvenir kepada peserta IVA Test dengan dukungan Bank Sumut, PT STTC, dan Rumah Sakit (RS) Murni Teguh.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar Kusma Erizal Ginting dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sari Arri Sembiring menerangkan, evaluasi tersebut sebagai rangkaian monitoring beberapa waktu lalu.

"Berbagai kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat. Tim Evaluasi dari Sumut diharapkan dapat memberikan penilaian terbaik," harapnya.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi diwakili Tim Evaluasi IVA Test dr Netty Amansyah Nasution dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan kegiatan evaluasi tersebut dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Netty mewakili Nawal Edy Rahmayadi mengucapkan selamat kepada Kecamatan Siantar Marihat atas prestasi sebagai nominator dari hasil monitoring.

"Kami apresiasi tinggi yang telah berperan dalam kegiatan ini. Ini keistimewaan dan kebanggaan. Karena telah bersaing ketat dalam monitoring," katanya.

Tahap evaluasi, lanjutnya, untuk menentukan peringkat juara 1-3. sehingga agar melakukan yang terbaik untuk meraih yang terbaik.

"Tapi gelar juara bukan segala-galanya. Mari tetap peduli dan menjadikan keluarga sebagai yang terbaik," ajaknya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan dari TP PKK dan Camat Siantar Marihat kepada Tim Evaluasi. Kemudian, penyerahan cendera mata dari Kecamatan Siantar Marihat kepada tim penilai berupa produk dari Siantar Marihat yaitu Kyan Ulos.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan ekspos oleh Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Marihat Ny Fitri Henri Purba. Turut hadir, anggota Bhayangkari Polres Pematang Siantar, perwakilan Bank Sumut, dan lainnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya