Hiburan Jum'at, 04 Maret 2022 | 12:03

Susul Cannes, Festival Film Toronto Tolak Delegasi Sineas Rusia

Lihat Foto Susul Cannes, Festival Film Toronto Tolak Delegasi Sineas Rusia Festival Film Internasional Toronto (TIFF). (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Festival Film Internasional Toronto (TIFF) mengumumkan keputusan menangguhkan partisipasi delegasi resmi Rusia untuk gelaran festival tahun ini. Keputusan yang sama sebelumnya diberlakukan pula oleh penyelenggara Festival Film Cannes.

Laman Variety melaporkan, pengumuman tersebut disampaikan penyelenggara TIFF pada Kamis, 3 Maret 2022 waktu setempat. Mereka mengatakan, hanya akan menyambut para pembuat film independen Rusia.

"TIFF akan menangguhkan partisipasi organisasi film dan media yang didukung oleh negara Rusia, serta duta budaya dan delegasi Rusia yang terkait," kata perwakilan TIFF, dikutip Opsi pada Jumat, 4 Maret 2022.

Dalam pengumumannya, pihak penyelenggara mengatakan TIFF terus mendukung seniman dan kebebasan berekspresi mereka sehingga tidak melarang keterlibatan pembuat film independen Rusia di festival.

Mereka juga menyatakan solidaritas terhadap masyarakat di Ukraina dan menentang invasi Rusia ke Ukraina.

Festival Film Internasional Toronto (TIFF). (Foto: Istimewa)

TIFF juga mengatakan festival tahun ini akan berusaha untuk memperkuat suara pembuat film Ukraina dan pembuat film independen Rusia.

"Kami berharap untuk segera kembali ke perdamaian dan stabilitas di kawasan itu dan kami memperluas dukungan kami kepada orang-orang Ukraina dan orang-orang di Rusia yang menentang serangan ini," kata penyelenggara.

Sebelumnya pada Selasa, 1 Maret 2022 waktu setempat, Festival Film Cannes juga mengumumkan bahwa mereka telah melarang kehadiran delegasi resmi Rusia.

Pada Rabu, 2 Maret 2022, Festival Film Venesia juga membuat pernyataan untuk mendukung Ukraina namun memutuskan untuk tidak melarang partisipasi pembuat film Rusia.

Baca juga: Festival Film Cannes Boikot Rusia, Imbas Invasi ke Ukraina

Baca juga: Film The Lost City dan Sonic the Hedgehog 2 Tunda Tayang di Rusia

Gelaran Festival Film Internasional Toronto sendiri dijadwalkan berlangsung pada 8 hingga 18 September 2022 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya