News Kamis, 03 Maret 2022 | 13:03

Swing Voters Hampir 50 Persen, Erick Thohir Pun Berpeluang di Pilpres 2024 

Lihat Foto Swing Voters Hampir 50 Persen, Erick Thohir Pun Berpeluang di Pilpres 2024  Erick Thohir (tengah). (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkap hasil survei terbaru soal pencapresan, di mana ternyata swing voters masih cukup tinggi, yakni hampir 50 persen.

Swing voters adalah istilah untuk para pemilih rasional yang dapat berubah pilihan sesuai dengan ide atau gagasan tertentu.

Melihat kondisi itu, pemenang Pilpres 2024 masih belum dapat dipastikan, meski Prabowo, Ganjar dan Anies selalu di puncak survei. 

Semua tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir dan KSP Moeldoko yang masuk 10 besar survei LSN masih memiliki peluang.

Hal itu diungkap Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry saat memaparkan hasil survei lembaganya, Kamis, 3 Maret 2022. 

Dia mengungkap temuan menarik dari survei LSN. Swing voters tinggi serta masuknya nama Moeldoko dan Erick Thohir dalam 10 besar capres dengan elektabilitas kompetitif.

Padahal menurut Gema, Moeldoko dan Erick tidak memiliki parpol sebagai motor penggerak.

“Selain tidak memiliki partai politik, Moeldoko dan Erick juga tidak mempunyai kementerian yang rentang organisasinya sampai ke tingkat daerah. Dengan kata lain tidak ada mesin politik dan mesin organisasi yang dapat dimanfaatkan Moeldoko dan Erick untuk mensosialisasikan dirinya sebagai capres seperti tokoh-tokoh lainnya,” kata Gema.  

Baca juga: Prabowo Subianto Rajai Survei, LSN Ungkap Penyebabnya

Kemudian sambung Gema, karena tingkat swing voters atau calon pemilih yang mengaku belum mantap dengan tokoh pilihannya saat ini masih cukup besar, yakni hampir 50 persen, maka siapa yang akan memenangkan Pilpres 2024 masih belum dapat dipastikan. 

“Meskipun berdasarkan tingkat elektabilitas Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masih yang paling dominan dalam lebih dari setahun ini, namun peluang tokoh-tokoh lain termasuk KSP Moeldoko dan Menteri BUMN masih cukup terbuka,” katanya.

Tingkat elektabilitas capres jika pilpres hari ini, sesuai temuan LSN:

Prabowo Subianto 21,9 persen

Anies Baswedan 19,2 persen

Ganjar Pranowo 18,8 persen

Sandiaga Uno 8,7 persen

Ridwan Kamil 7,5 persen

Basuki Tjahaja Purnama 3,9 persen

Erick Thohir 2,8 persen

Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen

Moeldoko 2,5 persen

Gatot Nurmantyo 1,9 persen

Mahfud MD 0,9 persen

Airlangga Hartarto 0,9 persen

Muhaimin Iskandar 0,6 persen

La Nyalla Mattalitti 0,6 persen

Puan Maharani 0,3 persen

Undecided Voters 6,9 persen. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya