Hiburan Senin, 04 September 2023 | 14:09

Synchronize Fest 2023 Jadi Perayaan Kebhinnekaan Musik Indonesia

Lihat Foto Synchronize Fest 2023 Jadi Perayaan Kebhinnekaan Musik Indonesia Potret keseruan Synchronize Fest 2023. (Foto: dok. Synchronize Fest)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pesta musik Synchronize Fest 2023 sukses digelar selama tiga hari pada 1, 2, dan 3 September 2023 kemarin. Bertempat di Gambir Expo, Kemayoran, perhelatan ini menghadirkan 167 artis musik lintas genre dan lintas generasi.

Pada perhelatannya tahun ini, Synchronize Fest menghadirkan 7 buah panggung, yakni Dynamic Stage, District Stage, Lake Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Panggung Getar, dan Gigs Stage.

Selain pentas berbentuk panggung, hadir pula booth DJ di area record market yang menampilkan musik-musik disko dalam ruang kecil mirip kaleng kerupuk.

Dynamic Stage menjadi pentas paling megah dengan luas total ratusan meter persegi disertai layar LED super besar selebar panggung. District Stage, Lake Stage, Forest Stage juga tampil dalam balutan artistik maksimal dengan sistem suara ratusan ribu watt.

Sementara XYZ Stage yang berbentuk panggung 180 derajat, memungkinkan penonton menyaksikan aksi penampil dari semua sisi. Sedangkan Gigs Stage, berada di sebuah ruangan dengan ukuran kurang dari 10 meter persegi.

Hari pertama Synchronize Fest 2023 dibuka dengan penampilan Project Pop yang muncul di area record market membawa gerobak dorong bertuliskan Synchronize Fest. Tika Panggabean dan kawan-kawan, kemudian bergerak menggiring penonton menuju Dynamic Stage, tempat mereka menuntaskan aksi panggungnya.

Fiersa Besari, Jamrud, Barasuara, The Changcuters, dan Weird Genius menjadi nama besar yang mengisi panggung District Stage di hari pertama, bersama J-Rocks yang sukses menarik perhatian dengan kostum Akatsuki khas serial anime Naruto.

Potret keseruan Synchronize Fest 2023. (Foto: dok. Synchronize Fest)

Sementara pada hari kedua dan ketiga, District Stage diisi barisan nama besar lain semisal Reality Club, Yura Yunita, The Sigit, Opick, Nadin Amizah, The CoconutTreez, Ungu, Rizky Febian dan Sule, hingga Bimbo Bersama Yanti Bersaudara.

Gigs Stage pada Synchronize Fest 2023 hari pertama, diramaikan kehadiran nama-nama baru di industri musik, seperti Primitive Monkey Noose. Selain itu, Jirapah, Enola, ZIP, dan Kuntari juga tampil di pentas intim tersebut.

Unit rock oktan tinggi, Seringai, menjadi tamu kejutan yang dihadirkan di panggung Gigs Stage, pada perhelatan Synchronize Fest 2023 hari pertama.

Pada dua hari berikutnya, Gigs Stage diramaikan kehadiran Total Jerks, Dongker, Noon Radar, Pelteras, Bedchamber, Kadapat, Fraktal, dan lain-lain.

Puluhan artis musik lain dengan nama besar atau pendatang baru, berbagi panggung di Dynamic Stage, Lake Stage, Forest Stage, dan XYZ Stage selama tiga hari perhelatan Synchronize Fest 2023.

Sejumlah pertunjukan spesial juga hadir di Synchronize Fest 2023, seperti Panggung Getar yang sukses mengumpulkan deretan orkes musik dangdut kontemporer pendatang baru semisal Babaloman, Munhajat, Olsam, OM Lawan, OM PMS, OMPLR, Orkes Pensil Alis, Orkes PJM, Orkes Taman Bunga, Pasukan Perang, Serempet Gudal, dan Sudhobool.

Potret keseruan Synchronize Fest 2023. (Foto: dok. Synchronize Fest)

Ada pula Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM `79-`89, God Bless 50 Tahun, Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Anda Perdana, Eric Erlangga), Matajiwa x Matajiwo, Bimbo Bersama Yanti Bersaudara, Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu Naif, 4 Sehat 5 Nambah, Republik Cinta Management (TRIAD, Mulan Jameel, Mahadewi), hingga Symphony from Hell.

Baca juga: Rizky Febian dan Sule Bakal Tampil di Synchronize Fest 2023

Baca juga: Daftar Line Up Synchronize Fest 2023 Diumumkan, 35 Persen Musisi baru dan Segar

Kehadiran ratusan musisi lintas genre dan generasi sukses membuat Synchronize Fest 2023 menjadi pesta perayaan keragaman musik di Indonesia, selaras dengan tema Bhinneka Tunggal Musik yang diusung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya