Daerah Senin, 26 September 2022 | 13:09

Tahun 2024, Jalur Kereta Api Layang Kualanamu-Medan-Binjai Dapat Digunakan

Lihat Foto Tahun 2024, Jalur Kereta Api Layang Kualanamu-Medan-Binjai Dapat Digunakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mendampingi Menhub, Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan jalur layang Medan-Binjai di Jalan Sekip, Kecamatan Medan Petisah. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Dalam mendukung peningkatan jumlah pengguna transportasi umum di Kota Medan sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan, Pemko Medan berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun jalur layang kereta api Kualanamu, Medan dan Binjai.

Direncanakan, jalur layang ini sudah dapat dipergunakan pada tahun 2024 mendatang.

"Rencananya, jalur layang kereta api ini dapat dipergunakan pada tahun 2024 mendatang. Saya juga berharap kepada Menteri Perhubungan serta PT KAI agar memperbanyak pembangunan stasiun dan jumlah kereta api di Kota Medan," ungkap Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat mendampingi Menhub, Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan jalur layang Medan-Binjai di Jalan Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu 24 September 2022.

Nantinya, kata Bobby, ada 2 stasiun baru yang akan dibangun untuk mendukung jalur layang KA tersebut yakni Stasiun Helvetia dan Sunggal.

Sedangkan, Menhub Budi mengutarakan, proyek pembangunan direncanakan selesai tahun 2024 dengan harapan dapat membantu masyarakat Jota Medan, terutama dalam mengatasi kemacetan.

"Terkait penambahan stasiun dan juga jumlah kereta api, bisa langsung ke PT KAI karena mereka yang memiliki wewenang. Memang penambahan stasiun dan juga kereta api itu sangat penting. Jika waktu menunggunya hanya 15 menit, saya yakin banyak masyarakat yang lebih tertarik menggunakan kereta api sehingga dapat mengurangi  kemacetan di Kota Medan," jelas Budi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya