News Minggu, 01 Januari 2023 | 12:01

Tahun Baru 2023, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Indonesia Berkontemplasi

Lihat Foto Tahun Baru 2023, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Indonesia Berkontemplasi Presiden Jokowi. (Foto: Twitter)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan optimis kepada masyarakat Indonesia pada momen perayaan Tahun Baru 2023. Dalam pernyataanya, presiden mengajak berbagai pihak untuk menyambut harapan, tantangan dan peluang baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi melalui unggahan di media sosial Instagram resminya. Dirinya optimistis, Indonesia akan semakin maju di tahun 2023.

"Mari menyongsong harapan, tantangan dan peluang yang baru," kata Presiden Jokowi, dikutip Opsi pada Minggu, 1 Januari 2023.

"Tetap bersama melangkahi ambang tahun 2023 menuju Indonesia yang maju," ujar dia.

Dalam postingan berbeda, Presiden Jokowi mengunggah gambar animasi perayaan malam Tahun Baru. Sementara dalam keterangan unggahan, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk berkontemplasi.

"Apa yang patut kita kenang dari tahun 2022 -- tahun yang segera kita tinggalkan? Banyak. Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula kabar yang kurang menyenangkan," tulis dia.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia sukses menghadapi berbagai masa sulit yang datang di tahun 2022 kemarin. Tak hanya itu, tantangan Presidensi G20 juga berhasil dilewati dengan baik oleh pemerintah.

"Kita cukup berhasil melewati masa-masa sulit pandemi dan ancaman resesi, perekonomian kita tumbuh positif sepanjang tahun, pertemuan dan presidensi G20 berjalan dengan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumberdaya manusia berjalan sesuai rencana, dan lain-lain," katanya.

"Sementara itu, beberapa kawasan di negeri kita tahun ini dihentak bencana alam banjir, longsor, hingga gempa bumi. Semua itu -- kabar baik dan kurang menyenangkan -- datang silih berganti, memberi pelajaran, sekaligus menguatkan dan mempersatukan," tutur dia.

Pada bagian akhir pernyataannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa keberhasilan Indonesia melewati masa sulit di tahun lalu, menjadi bekal dalam menyongsong tantangan di tahun yang baru.

Baca juga: Covid-19 di Indonesia Terkendali, Presiden Jokowi Resmi Umumkan Pemberhentian PPKM

Baca juga: God Bless Rilis Video Klip Animasi di Tahun Baru 2023

"Dengan bekal itu semua, kita meninggalkan 2022 dan menatap 2023 dengan tekad untuk membawa Indonesia melangkah maju," tulis Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya