Hukum Minggu, 19 Juni 2022 | 21:06

Tak Ada Legalisasi! Dirnarkoba: Ganja Sebagai Narkotika Golongan I di Indonesia

Lihat Foto Tak Ada Legalisasi! Dirnarkoba: Ganja Sebagai Narkotika Golongan I di Indonesia Tim gabungan menemukan ladang ganja seluas dua hektare di Tor Mangompang, Desa Pardomuan, Kecamatan Panyabungan Timur, Madina. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno H Siregar menegaskan kebijakan legalisasi ganja merupakan kepentingan masing-masing negara berdaulat di dunia, namun di Indonesia masih termasuk narkotika golongan I.

"Pandangan politik Indonesia terhadap narkotika alami jenis ganja masih menempatkannya sebagai narkotika golongan I," kata Krisno di Jakarta, seperti mengutip catatan ANTARA, Minggu, 19 Juni 2022.

Berdasarkan Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Narkotika, jenis narkotika dapat dibendakan menjadi 3 golongan, yaitu narkotika golong I, golongan II dan golongan III.

Narkotika golongan I adalah narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi, mengakibatkan ketergantungan.

Menurutnya, legalisasi ganja di Thailand membawa dampak bagi Indonesia yang berupaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, khususnya terhadap pihak-pihak yang ingin ganja dilegalkan di Indonesia.

"Tentunya membawa dampak, khususnya terhadap pihak-pihak yang menginginkan ganja untuk dilegalkan di Indonesia," ujarnya.

Hal ini, kata dia, tentunya menjadi tantangan bukan hanya bagi Polri tetapi juga pemerintah Indonesia, bagaimana melindungi segenap bangsa serta generasi muda dari ancaman dan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Tanah Air.

"Menurut saya bukan hanya untuk Polri, tetapi untuk pemerintah Indonesia," tuturnya.

Meski demikian, Krisno Siregar menegaskan, upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) terus dilakukan oleh Polri sejak dulu hingga saat ini dengan meningkatkan pengawasan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya