Daerah Kamis, 27 Januari 2022 | 17:01

Tak Ada Pemotongan Dana Stimulan, BPBD Mamuju: Langsung Cair ke Rekening Penerima

Lihat Foto Tak Ada Pemotongan Dana Stimulan, BPBD Mamuju: Langsung Cair ke Rekening Penerima Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Taslim. (Foto:Opsi/Eka Musriang)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Taslim menegaskan tidak ada pemotongan dana stimulan penanganan bencana.

"Tidak ada pemotongan karena dana stimulan ini langsung cair ke rekening masing-masing penerima," kata Taslim, Kamis, 27 Januari 2022.

Taslim mengungkapkan, pihaknya akan menyelidiki kebenaran isu pemotongan dana stimulan yang beredar di masyarakat.

"Sampai saat ini, kami belum mengetahui jika ada pemotongan seperti itu," katanya.

Menurutnya, tidak ada celah untuk melakukan pemotongan dana stimulan karena penerima sendiri yang mencair kan di bank.

"Pendamping hanya memfasilitasi ke bank di mana penerima melakukan pencarian," ujarnya.

Dia tak menampik bahwa penerima dana stimulan kategori rumah rusak berat pernah mempertanyakan terkait dana yang masuk di rekening toko untuk pembelian bahan pembangunan rumah mereka.

"Termin pertama untuk kategori rumah rusak berat sebesar Rp 25 juta. Rp 20 juta masuk ke rekening toko dan Rp 5 juta untuk biaya tukang dan itu yang dipertanyakan penerima. Ternyata, tidak ada sama pendamping, tetapi masih di toko," tuturnya.

Namun, lanjutnya, penerima menginginkan agar dana stimulan tersebut  bisa didapat secara tunai dan itu tidak bisa karena ada Petunjuk Pelaksana (Juklak).

"Jadi Juklaknya, untuk kategori rumah rusak berat Rp 10 juta upah tukang dan sisanya masuk ke rekening toko sehingga penerima tinggal mengambil material di toko," kata Taslim.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya