Daerah Jum'at, 13 Mei 2022 | 06:05

Tak Diperhatikan Pemda, Warga Rampi Luwu Utara Perbaiki Sendiri Jalan Menuju Sulteng

Lihat Foto Tak Diperhatikan Pemda, Warga Rampi Luwu Utara Perbaiki Sendiri Jalan Menuju Sulteng Warga Kecamatan Rampi di Lutra, Sulsel gotong royong memperbaiki jalan setapak sepanjang 36 kilometer yang terhubung ke Poso, Sulteng. (Foto: istimewa)
Editor: Rio Anthony

Luwu Utara - Warga di Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) bergotong royong membangun jalan ke provinsi terdekat, Sulawesi Tengah (Sulteng)

"Jalur menuju Rampi-Lore Selatan (Poso), Sulawesi tengah itu yang baru-baru masyarakat gotong royong menggunakan alat manual," kata salah seorang warga, Simon saat dikutib detikSulsel, Senin 9 Mei 2022.

Kata Simon, warga memperbaiki jalan tersebut karena lebih dekat ke pusat kota. Namun kondisi jalannya masih belum tersentuh aspal.

"Lebih dekat sebenarnya, kalau Rampi ke Lore Selatan itu ketimbang ke Luwu Utara (kota) yang jaraknya kurang lebih 80 kilo meter," ujarnya.

Jalan ini juga disebut menjadi salah satu alternatif untuk memasok kebutuhan pokok. Rumah ibadah bagi warga yang non Muslim juga terhitung lebih dekat menuju ke Poso ketimbang kota Lutra.

"kami bisa belanja kebutuhan pokok keluarga dan kebanyakan masyarakat di sini ketika hari Minggu ikut melakukan ibadah di Gereja Kristen Sulawesi Tengah," ucapnya.

Kata Simon mereka sudah mengeluhkan kondisi jalan yang rusak tersebut. Mereka bahkan telah berkunjung ke Kantor Bupati Lutra untuk menyampaikan keluhan masyarakat Rampi.

"Kami pernah bertemu langsung dengan Bupati Luwu Utara untuk menyampaikan problem ketimpangan yang ada di daerah kami yaitu kecamatan Rampi. Sampai sekarang pihak Pemerintah Kabupaten Luwu Utara hanya bisa memberikan janji-janji tanpa adanya realisasi perbaikan jalan ke Rampi," keluhnya.

Perbaikan jalan setapak tersebut dilakukan secara gotong royong oleh warga mulai Senin 2 mei 2022 hingga Jumat 6 Mei 2022.

"Lima hari lamanya berkat kerja sama Jemaat Klasis Rampi, Sinode GKST Sulawesi Tengah, dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Rampi, Luwu Utara," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya