News Jum'at, 05 Juli 2024 | 14:07

Tak Hanya di Jakarta, Kaesang Pangarep Dinilai Miliki Kans Maju Pilkada Jawa Tengah

Lihat Foto Tak Hanya di Jakarta, Kaesang Pangarep Dinilai Miliki Kans Maju Pilkada Jawa Tengah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu)

Jakarta - Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, yakni Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dinilai memiliki kans untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta dan Jawa Tengah.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut elektabilitas Kaesang melebihi bakal calon lainnya.

"Kaesang sekarang cenderung lebih unggul dari calon lain (di Jawa Tengah)," kata Sadiman di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.

Hal tersebut terjadi, lanjutnya, karena Kaesang itu memiliki sejarah tersendiri di Jawa Tengah mengingat ayahnya dahulu pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Selain itu, faktor yang menyebabkan tingginya elektabilitas Kaesang adalah belum munculnya tokoh lain yang menonjol dan menarik perhatian masyarakat Jawa Tengah.

Menurut data yang dimilikinya, tingkat pengenalan warga terhadap nama-nama calon gubernur potensial masih rendah, yakni di bawah 50 persen.

"Saya melihat belum ada tokoh yang benar-benar dominan dalam pemilihan gubernur di Jawa Tengah. Di antara nama-nama yang ada, Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep sedikit lebih unggul dibanding yang lain, namun keunggulan keduanya tidak dominan," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, dia memastikan pertarungan pada Pilkada Jawa Tengah masih terbuka akan masuknya tokoh-tokoh baru yang layak menandingi elektabilitas Kaesang Pangarep.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya