News Kamis, 28 Juli 2022 | 00:07

Tangis Ibunda Brigadir Yosua Pecah: Pak Presiden Jokowi Tolong Kami

Lihat Foto Tangis Ibunda Brigadir Yosua Pecah: Pak Presiden Jokowi Tolong Kami Ibu Brigadir J, Rosti Simanjuntak menangis histeris dan berteriak menyebut nama Presiden Jokowi jelang autopsi brigadir J. foto: Deki/jambi-independent

Jakarta - Tangis Rosti Simanjuntak pecah seusai prosesi ibadah doa jelang pembongkaran makam anaknya, Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) di Pemakaman Umum Kristen Sungai Bahar, Jambi, Rabu pagi, 27 Juli 2022.

Meski sudah ditenangkan sejumlah orang, Rosti tak henti-hentinya menangis histeris. Bahkan ia meneriakkan minta tolong kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana.

"Pak Presiden Pak Jokowi tolong kami beserta ibu," kata Rosti, dikutip dari cuplikan video akun Twitter @NarasiNewsroom, Kamis, 28 Juli 2022.

Baca jugaDokter Forensik Singgung Luka Sayatan di Belakang Telinga Brigadir J

Tidak hanya itu, Rosti juga meminta bantuan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL).

"Panglima TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, tolong kami, tolong kami," teriak Rosti.

Rosti pun tak memercayai tuduhan yang dikemukakan pihak kepolisian perihal Brigadir Yosua melakukan tindak pelecehan dan menodongkan senjata api ke Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

Baca jugaPenampakan Wajah Brigadir Yosua Saat Peti Jenazah Dibuka

Menurut dia, itu semua hanya-lah fitnah belaka.

Sebab, ia menyaksikan betul kondisi jenazah putranya itu diantarkan pulang ke rumah oleh para anggota polisi, dalam keadaan sudah tidak bernyawa, bahkan penuh luka.

"Penyiksaan yang dialaminya fitnah yang diperoleh. Tolong keluarga kami ya Tuhan," teriak Rosti histeris.

Dia pun mempertanyakan tanggung jawab dan naluri dari Putri Candrawathi yang juga seorang ibu.

"Mana bu Putri, mana tanggung jawab-mu bu Putri! Kebohongan semua! Kamu seorang ibu, mana nalurimu seorang ibu? Mana bu Putri," kata Rosti.

Baca jugaDokter Forensik Akui Temukan Luka di Jasad Brigadir J

Sebelumnya, proses pemakaman Brigadir J hanya dilakukan secara adat dan agama saja. Pihak keluarga ingin upacara kepolisian dapat dilakukan sebagai penghormatan terakhir terhadap Brigadir J.

Permintaan itu sepertinya diamini oleh Polri. Pemakaman ulang jenazah putra dari Samuel Hutabarat dan boru Simanjuntak itu dilakukan melalui upacara kepolisian selepas proses autopsi dilakukan.

Jenazah Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat. (Foto: Twitter)

Diketahui, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) dr. Ade Firmansyah Sugiharto sempat menyinggung perihal keberadaan luka sayatan yang terdapat di belakang telinga Brigadir J.

"Selain tanda-tanda pembusukan, tadi tentunya kita lihat jelas adanya bentuk-bentuk jenazah pascadiautopsi, mulai dari adanya sayatan untuk membuka kepala (red. menunjuk belakang telinga kanan) yang biasanya juga dilakukan mulai dari tonjolan tulang mastoid kanan ke arah kiri," kata Ade Firmasnyah saat jumpa pers di RSUD Sungai Bahar Jambi, Rabu, 27 Juli 2022.

Selain itu, kata dr. Ade, bukti bekas sebelumnya sempat dilakukan autopsi terhadap Brigadir J, adanya sayatan lurus huruf I mulai dari dagu sampai ke tulang kemaluan.

Selain luka-luka diduga bekas autopsi itu, luka lainnya yang terdapat pada jasad almarhum Yosua akan dipelajari lagi menggunakan mikroskopik di Laboratorium Patologi Anatomic Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Tentunya membutuhkan waktu, konklusinya adalah setelah nanti adanya pemeriksaan laboratorium untuk memastikan betul apakah itu betul luka atau tidak, karena pada saat terjadi pembusukan, tentunya kita harus sangat berhati-hati," katanya.

dr. Ade mengeklaim, pihaknya bekerja secara independen dan imparsial dalam melakukan ekshumasi ke jasad Yosua alias tidak ada yang mengintervensi mereka.

"Di manapun, apapun seragamnya, pasti akan bersikap secara independen dan imparsial, karena kita pun memiliki pedoman etik standar disiplin profesi serta penjagaan kompetensi selama 5 tahun sekali," kata dr. Ade Firmansyah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya