News Sabtu, 30 April 2022 | 00:04

Temui PM Jepang, Jokowi Ingin Jaga Kawasan Indo-Pasifik

Lihat Foto Temui PM Jepang, Jokowi Ingin Jaga Kawasan Indo-Pasifik Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Jepang) Kishida Fumio. (foto: YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kishida Fumio di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 29 April 2022.

Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas kerja sama Indonesia dan Jepang untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar menjadi kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

"Saya menekankan pentingnya membangun strategic trust di kawasan," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers bersama PM Kishida selepas pertemuan, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 29 April 2022.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia beserta negara-negara ASEAN siap untuk melakukan kerja sama dengan para mitra, terutama di bidang maritim, konektivitas, pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), serta perdagangan dan investasi.

Selain itu, dalam pertemuan yang sama dibahas pula mengenai situasi di Myanmar.

"Saya menekankan pentingnya kerja sama ASEAN dan Jepang untuk memastikan bahwa Five Point of Consensus ASEAN dapat dijalankan," kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Forum Menteri untuk Kerja Sama di Indo-Pasifik di Paris, 22 Februari 2022, sempat menyampaikan bahwa kompetisi di kawasan Indo-Pasifik tidak bisa dihindari.

Namun, Menlu Retno menegaskan bahwa kompetisi di Indo-Pasifik harus tetap berjalan secara sehat dan sesuai dengan hukum internasional yang berlaku guna mencegah meletusnya konflik terbuka.

"Untuk Indonesia, Indo-Pasifik adalah lautan kesempatan yang terlalu besar untuk didominasi oleh satu negara," ucap Retno. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya