News Jum'at, 13 Januari 2023 | 11:01

Terima Audiensi Pengurus IROPIN, Anis Byarwati Apresiasi Baksos 50.000 Kacamata

Lihat Foto Terima Audiensi Pengurus IROPIN, Anis Byarwati Apresiasi Baksos 50.000 Kacamata Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati menerima audiensi dari pengurus pusat Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN) di ruang rapat Fraksi PKS di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu, 12 Januari 2023.

Pengurus IROPIN yang hadir diwakili oleh Nova Joko Pamungkas selaku Ketua Umum IROPIN , Kastam sebagai Sekretaris Umum IROPIN, dan Tutus Siti Halimatussa`diyah sebagai anggota Departemen Kesejahteraan dan Mutu Pelayanan.

Dalam kesempatan ini, Ketua IROPIN Nova Joko Pamungkas menyampaikan program yang sedang digulirkan oleh IROPIN yaitu baksos 50.000 kacamata di seluruh Indonesia.  

Baksos ini memiliki tujuan untuk membantu masyarakat mengalami gangguan penglihatan berupa kelainan refraksi misalnya myopia (mata minus), hyperopia (mata plus) dan atau astigmatisma (mata silinder) agar ke depannya bisa meningkatkan derajat kesehatan terutama pada penglihatan.

Ia mengungkapkan, pembagian kaca mata ini ditargetkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan atau belum mempunyai kacamata.

Lebih lanjut, kata dia, program ini merupakan buah kerja sama IROPIN dengan berbagai pihak seperti CSR beberapa perusahaan seperti One Sight Essilo Luxottica, lembaga zakat, NGO, dsb.

Menanggapi itu, Anis Byarwati mengapresiasi program yang dilakukan oleh IROPIN. Menurutnya, hal itu merupakan program yang positif bagi masyarakat.

"Program ini sangat mulia. Mengingat banyak masyarakat yang tidak menyadari masalah pada matanya dan terbiasa hidup dalam keremangan sepanjang hayat. Dengan program ini, semoga6 kehidupan mereka7 lebih terang," kata Anis. 

Selain itu, Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini juga mendorong agar kerja sama dengan berbagai pihak bisa diperluas. 

"Kerja sama dengan pihak pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan lembaga-lembaga swadaya lain, perlu terus dilakukan," ujarnya.  

Lebih lanjut, dia menyarankan agar peta, tujuan, dan sasaran dari program ini bisa lebih diperjelas.

Pada akhir pertemuan, IROPIN menyerahkan plakat sebagai pengukuhan untuk Anis yang didaulat menjadi anggota kehormatan IROPIN. Pertemuan ini sendiri merupakan pertemuan kedua antara Anis Byarwati dengan pengurus IROPIN.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya