News Rabu, 30 Maret 2022 | 10:03

Terkuak Alasan Asosiasi Pemerintah Desa Dukung Jokowi 3 Periode

Lihat Foto Terkuak Alasan Asosiasi Pemerintah Desa Dukung Jokowi 3 Periode Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berpidato dalam acara Apdesi di Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022. (foto: Youtube).

Jakarta - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) mendukung Presiden Joko Widodo untuk menjabat 3 periode. Mereka merasa selama ini Jokowi selalu mengabulkan permintaan para kepala desa.

Ketua Umum Apdesi Surtawijaya telah mengajukan lima tuntutan ke Jokowi. Pihaknya meminta pengubahan stempel desa, pencairan honor kades setiap bulan, penambahan dana operasional 3 persen dari dana desa, pemberian diskresi untuk penggunaan BLT Desa, dan penyederhanaan proses pencairan SPJ.

Surtawijaya menilai Jokowi telah berjanji bakal mengabulkan semua permintaan. Maka itu, kepala desa akan membayar utang dengan mendukung Jokowi 3 periode.

Baca jugaLuhut Puji Presiden Jokowi Punya Kelebihan yang Tak Dimiliki Pemimpin Lain

"Apa yang kita inginkan, Beliau kabulkan. Sekarang kita punya timbal balik, beliau peduli sama kita. Teman-teman sepakat tadi, tiga periode, lanjutkan," kata Surtawijaya di Istora Senayan, Jakarta, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa, 29 Maret 2022.

Surtawijaya mengeklaim seluruh kepala daerah akan mendukung rencana itu. Menurutnya, 50 persen masyarakat pedesaan pun akan mendukung Jokowi 3 periode.

Dia menandaskan, Apdesi akan memulai kampanye Jokowi 3 periode setelah Idulfitri nanti. Kampanye akan dilakukan bertahap di seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke.

Baca jugaPerangkat Desa Asal Aceh Minta Jokowi 3 Periode

Surtawijaya membantah jika gerakan ini didalangi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, gerakan ini murni inisiatif dari para kepala desa.

"Enggak ada. Dia ngelarang malah. Ketemu saja dilarang, `Kamu jangan cerita-cerita begitu.` Udah saya tidak enggak berani ngomong," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya