Daerah Kamis, 16 Juni 2022 | 14:06

Ternak di Abdya Terpapar Penyakit PMK, Gubernur Aceh: Masih Bisa Sembuh

Lihat Foto Ternak di Abdya Terpapar Penyakit PMK, Gubernur Aceh: Masih Bisa Sembuh Gubernur Aceh Aceh Nova Iriansyah saat meninjau kandang ternak di Aceh Barat Daya. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak jenis berkuku belah karena masih bisa disembuhkan.

"Jangan panik berlebihan. Masih bisa sembuh," kata Gubernur Nova Iriansyah usai meninjau lokasi peternakan sapi di Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis, 16 Juni 2022.

Menurutnya, obatnya dan vaksin wabah PMK itu ada. Oleh sebab itu, dia meminta pada peternak untuk tidak terlalu panik hingga melakukan langkah-langlah yang seharusnya tak perlu dilakukan.

"Masih bisa disembuhkan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengimbau masyarakat untuk segera melapor kepada pihak terkait jika menemukan adanya hewan ternak yang mengalami gejala PMK. Karena, setelah dilapor pasti tim akan turun untuk melakukan penanganan.

"Jadi kita imbau untuk melapor," tuturnya.

Ditanya apakah PMK ini akan berdampak pada hari Meugang dan hari raya Qurban, Gubernur meyakini tidak, sebab penyakit ini tidak menular pada manusia.

"Saya pikir tidak, kan penyakit ini masih bisa disembuhkan apalagi tidak terjangkit pada manusia," ucap Gubernur Nova.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya