News Minggu, 13 November 2022 | 08:11

Ternyata Surya Paloh Tak Bisa Jamin Anies Baswedan Dapat Tiket Pilpres 2024

Lihat Foto Ternyata Surya Paloh Tak Bisa Jamin Anies Baswedan Dapat Tiket Pilpres 2024 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umu Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku tak bisa menjamin apakah Anies Baswedan bakal mendapat tiket untuk menjadi calon presiden (cepres) di Pemilu 2024.

Musababnya, Anies baru calon nominasi capres dari NasDem, sehingga masih perlu dukungan partai lain untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen.

"Mana bisa kita jamin," kata Paloh kepada wartawan di sela-sela acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, dikutip Minggu, 13 November 2022.

Baca juga: Andi Arief Singgung Sosok Burung Hantu yang Jegal Koalisi NasDem, Demokrat, dan PKS

Menurut Surya, saat ini NasDem memilih untuk realistis. Hal itu dapat dilihat dari perolehan suara NasDem di Pemilu sebelumnya.

Jika mengacu pada hasil Pemilu 2019, perolehan suara NasDem tidak cukup untuk mengantarkan Anies di gelanggang Pilpres sendirian, tanpa rekan koalisi. Mengingat syarat pencalonan capres dan cawapres harus memenuhi PT 20 persen.

Baca jugaBantah Bandar Belum Deal, NasDem: Itu Mungkin Tradisi Fahri Hamzah

"Kalian tahu itu, NasDem hanya 10,3 persen, persyaratan kita 20 persen, ya kurang kita. Diperlukan kawan," ujar Surya Paloh.

"Nah seolah ini sudah terjadi hubungan komunikasi yang baik dengan kawan kita Partai Demokrat. Kawan kita dari partai PKS. Nah ini barangkali masing-masing sedang melihat, ya kan," ucap Surya Paloh memungkasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya