Daerah Jum'at, 10 Februari 2023 | 22:02

Terungkap Penyebab Kebakaran yang Menghanguskan 931 Kios Pedagang Pasar Sentral Makassar

Lihat Foto Terungkap Penyebab Kebakaran yang Menghanguskan 931 Kios Pedagang Pasar Sentral Makassar Kebakaran yang melanda pasar Sentral Makassar beberapa waktu lalu. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Polisi masih terus menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menghanguskan 931 kios pedagang.

Unsur kelalaian sebagai penyebab kebakaran saat ini sedang dalam penyelidikan.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto mengungkap selain unsur kelalaian, polisi juga sedang mendalami laporan warga yang menyebut adanya pria misterius sebelum kebakaran terjadi.

"Kami pasti akan dalami, kami periksa. Yang seperti itu kan perlu kita pendalaman-pendalaman semuanya. Kalau kurang cukup bukti bagaimana kita teruskan," ujar Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto, Kamis 9 Februari 2023.

"Tetap kami dalami. Perkaranya seperti apa, apakah dia itu melihat langsung, mendengarkan langsung, bagaimana ciri-cirinya. Nah itu terkadang kalau sudah kita panggil itu dia bilang hanya katanya, katanya," lanjut Yudi.

Sementara itu, menurut hasil Labfor, kebakaran ini dipicu adanya open flame atau api terbuka.

Yudi menyebut api terbuka itu kemungkinan disebabkan puntung rokok atau obat nyamuk bakar.

"Jadi api terbuka ini disebabkan karena puntung rokok, ada mungkin obat nyamuk yang lupa, terus kena bahan yang mudah terbakar, sehingga terjadilah kebakaran," terangnya.

Ia mengungkap kebakaran ini awalnya berasal dari los pedagang nomor 39, kemudian tersebar hingga menghanguskan sekitar 931 los pedagang.

"Penyebab kebakaran itu awal mula titik di los nomor 39. Nah di los nomor 39 dia jual baju anak-anak," bebernya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya