Hiburan Kamis, 21 September 2023 | 15:09

Tiga Jebolan Authenticity Soundroom Bakal Manggung di Pestapora 2023

Lihat Foto Tiga Jebolan Authenticity Soundroom Bakal Manggung di Pestapora 2023 Dokumentasi pemanasan Pestapora 2023. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sebanyak tiga musisi yang lolos proses penyaringan di ajang Authenticity Soundroom dipastikan bakal tampil di Panggung Riang Gembira Authenticity dalam festival musik Pestapora 2023.

Adalah LOR, Biru Baru, dan Black Horses, tiga jagoan baru kancah permusikan yang terpilih untuk mengisi keriaan Pestapora 2023 yang digelar di Gambir EXPO dan Hall D2 Jiexpo Kemayoran, Jakarta, pada 22, 23, dan 24 September 2023 mendatang.

Digelar secara rutin sejak tahun 2022, Authenticity Soundroom merupakan sebuah ajang kompetisi untuk musisi muda Tanah Air yang dikurasi langsung oleh Authenticity dan pengamat musik kompeten.

Para kurator yang terdiri dari Kiki Aulia Ucup (Pestapora Representative), Jimmy (The Upstairs/Morfem), dan Fathia (Reality Club), menjadikan Authenticity Soundroom sebagai ruang kompetisi sehat bagi musisi muda bertalenta di Indonesia.

Dibuka secara perdana pada bulan Juli 2023 lalu, kompetisi Authenticity Soundroom tahun ini berhasil menerima lebih dari 2000 submissions talenta kreatif.

Melalui serangkaian babak penyisihan, terpilih 7 finalis dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Roomie Boys Alert (Lampung), SVVARA (Palembang), Biru Baru (Tanggerang), Black Horses (Jakarta), LOR (Yogyakarta), Albert in Space (Mataram), Jalan Tengah (Denpasar).

Semua finalis secara langsung tampil berkompetisi di panggung Pemanasan Pestapora yang diadakan di Senayan Park (SPARKS) pada tanggal 20 September 2023 lalu.

Panggung megah persembahan Authenticity di gelaran festival The Sounds Project Vol.5. (Foto: dok. Opsi)

Brand Representative Authenticity, Herard Drachman mengatakan bahwa ada lebih dari 2000 submissions yang masuk pada ajang Authenticity Soundroom tahun ini.

"Kami terpukau dengan kualitas karya-karya yang dikirimkan oleh para peserta. Kami mengakui bahwa setiap submissions memiliki nilai kreativitas, orisinalitas, dan potensi yang baik," ucap Herard, dikutip Opsi pada Kamis, 21 September 2023.

"Oleh karena itu, kami sempat menghadapi kesulitan yang luar biasa untuk menentukan ketujuh finalis yang paling terbaik diantara yang terbaik," tuturnya.

Dari proses kurasi dari 2000 submissions yang masuk, hingga tersisa 7 finalis terpilih, lanjut Herard, dilakukan secara selektif dan objektif dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti kesesuaian dengan kriteria penilaian, dan keunikan dari karya masing-masing peserta.

"Terpilihnya 7 finalis yang berkompetisi di Pemanasan Pestapora ini akan dikurasi lagi nantinya, hingga tersisa 3 talenta yang pantas untuk manggung secara langsung di Panggung Riang Gembira Authenticity di Pestapora nanti," kata Herard.

"Untuk itu, secara sah, segenap jajaran juri dari rangkaian sayembara Authenticity Soundroom memutuskan LOR, Biru Baru, dan Black Horses berhak untuk menerima apresiasi terbaik atas talenta dan kreativitasnya untuk tampil di tanggal 22 hingga 24 September 2023 langsung di Kemayoran, Jakarta Utara," ucapnya.

Authenticity sendiri merupakan wadah kreasi anak muda yang kental dengan musik dan karya inovasi kreatif. Hadir di tengah anak muda Indonesia sejak tahun 2017, Authenticity kerap mewadahi berbagai kolaborasi karya kreatif generasi muda di Indonesia.

Ragam suguhan Authenticity yang dominan berbalut musik, telah menjadi ciri khas yang melekat, sehingga kerap menyuguhkan panggung bagi musik-musik indie dan lokal untuk terus tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Mengenal Mother Bank, Grup Musik Ibu-Ibu yang Bakal Tampil di Pestapora 2023

Baca juga: Kiki Aulia Ucup Pastikan Pestapora 2023 Diramaikan Musisi dari Timur hingga Barat Indonesia

Salah satu upaya Authenticity dalam memantik keberlanjutan creative movement dikalangan generasi muda, diantaranya dengan menghadirkan Authenticity Soundroom. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya