News Jum'at, 30 Desember 2022 | 14:12

Tiga Kali Bawa Brasil Juara Piala Dunia, Mengapa Pele Tak Pernah Raih Ballon d'Or?

Lihat Foto Tiga Kali Bawa Brasil Juara Piala Dunia, Mengapa Pele Tak Pernah Raih Ballon d'Or? Pele semasa hidup. (Foto: FIFA)
Editor: Rio Anthony

Sao Paulo - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele menghembuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun.

Meski telah memenangkan piala dunia sebanyak tiga kali, Pele belum pernah mendapat penghargaan Ballon d`Or. Mengapa demikian?

Pele dikenal sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Bersama Brasil, ia berhasil memenangkan tiga piala dunia, yaitu Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Sudah sewajarnya jika Pele menjadi salah satu pemenang Ballon d`Or.

Namun kenyataannya, Pele belum pernah sama sekali diberi penghargaan Ballon d`Or. Pada tahun 1958, penghargaan ini jatuh kepada Raymond Kopa (Prancis) yang membawa negaranya menempati posisi ketiga Piala Dunia pada tahun tersebut.

Kemudian pada tahun 1962 dan 1970 masing-masing dimenangi oleh Josef Masopust (Cekoslovakia) yang membawa negaranya menjadi runner-up Piala Dunia dan Gerd Mueller (Jerman) yang membawa negaranya menempati posisi tiga Piala Dunia.

Mengapa Pele tidak pernah memenangi Ballon d`Or meski ia menjuarai Piala Dunia di tahun tersebut? Hal ini karena aturan France Football selaku penyelenggara.

Sebelum tahun 1995, penghargaan ini dikhususkan untuk pemain yang berdarah Eropa. Hal ini yang menyebabkan Pele bahkan Diego Maradona tidak pernah mendapat Ballon d`Or.

Kemudian pada tahun 1995, aturan ini diubah. Pemain berdarah non Eropa mulai saat itu memiliki kesempatan untuk meraih Ballon d`Or, dengan catatan bermain di Eropa. Pemenang Ballon d`Or saat itu adalah striker Liberia George Weah.

Ronaldo menjadi pemain asal Brasil pertama yang meraih gelar tersebut di tahun 1997 kemudian diikuti oleh Rivaldo, Ronaldinho, Kaka, dan Lionel Messi.

Mulai tahun 2007, aturan diubah sepenuhnya. Pemain yang tidak bermain di Eropa juga bisa meraih penghargaan itu jika tampil gemilang bersama klub dan negaranya.

France Football pada perayaan anugerah 60 tahun Ballon d`Or pada 2015 menyebut Pele kemungkinan memenangkan Ballon d`Or edisi 1958, 1959, 1960, 1961, 1963, 1964, dan 1970 jika penilaian pada saat itu seperti sekarang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya