Daerah Senin, 26 Desember 2022 | 19:12

Tim SAR Temukan Korban Terakhir Tanah Longsor di Kabupaten Gowa

Lihat Foto Tim SAR Temukan Korban Terakhir Tanah Longsor di Kabupaten Gowa Pencarian korban tertimbun tanah longsor di Kabupaten Gowa, Senin 26 Desember 2022. (Foto: Opsi/Basarnas)
Editor: Rio Anthony

Gowa - Korban terakhir tanah longsor di Desa Lonjoboko, Parangloe, Gowa akhirnya ditemukan, Tim SAR Gabungan Senin, 26 Desember 2022 sore.

Korban bernama Deng Lewa (50), pria paruh baya yang menjadi korban tanah longsor ketika rumahnya ikut tertimbun pada Sabtu 24 Desember 2022 dini hari ditemukan meninggal dunia tidak jauh dari posisi rumahnya sekitar pukul 16.22 Wita.

Korban berhasil dievakuasi setelah Tim Sar Gabungan melakukan pencarian hingga hari ketiga dengan menggunakan alat berat ekskavator untuk memindahkan material longsoran.

Setelah berjibaku membersihkan lumpur tanah dan puing bangunan, korban akhirnya ditemukan dan langsung dievakuasi ke rumah keluarga untuk disemayamkan.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel Djunaidi menyampaikan bahwa penemuan jenazah korban berkat kerja sama seluruh unsur dalam Tim Sar Gabungan, juga berkat dukungan alat berat yang digunakan memindahkan material longsoran yang menimbun di lokasi rumah korban.

Djunaidi juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mendiang korban. Dan terima kasih kepada Tim Sar Gabungan yang terlibat.

Sementara itu, menanggapi bencana alam tanah longsor yang kembali terjadi ini, Djunaidi berharap warga yang berada di sekitar lokasi yang rawan longsor untuk selalu waspada.

Utamanya jika terjadi kondisi cuaca ekstrem dengan curah hujan berintensitas tinggi, sebab kondisi tanah yang labil bisa mengakibatkan kembali terjadi longsor.

Sebelumnya, pada medio November juga terjadi bencana alam tanah longsor di Desa Lonjoboko, Parangloe, Gowa. Saat itu ada 7 orang yang menjadi korban tertimbun material longsoran. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya