News Rabu, 29 Desember 2021 | 21:12

Thailand Hancurkan Indonesia 4-0 di Final Leg Pertama Piala AFF

Lihat Foto Thailand Hancurkan Indonesia 4-0 di Final Leg Pertama Piala AFF Timnas Thailand melakukan selebrasi usai mencetak gol. (Foto: Opsi/AFP)
Editor: Rio Anthony

Singapura - Timnas Thailand hancurkan Timnas Indonesia 4-0 di leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu 29 Desember 2021 malam WIB.

Pertandingan baru berjalan dua menit, Thailand sudah mencetak gol melalui Chanathip Songkrasin setelah memanfaatkan assist Philip Roller. 

Setelah gol tersebut tak ada peluang berarti dari Thailand. Hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk Thailand tidak berubah.

Untuk mengejar ketinggakan pelatih Shin Tae Yong melakukan pergantian tiga pemain sekaligus sejak awal babak kedua.

Elkan Baggott menggantikan Fachruddin Aryanto, Kadek Agung gantikan Edo Febriansah, dan Evan Dimas gantikan Rachmat Irianto.

Pergantian tiga pemain itu tidak membawa perubahan berarti untuk Timnas Indonesia.

Serangan balik yang efektif membuat Thailand unggul 2-0 pada menit ke-52. Gajah Perang menyerang lewat aksi Supachok. Namun Supachok gagal menembus pertahanan Indonesia.

Dalam kesempatan yang tepat, Chanathip Songkrasin ikut bantu menyerang. Pergerakan Songkrasin luput dari penjagaan pemain Indonesia yang terlambat dalam transisi dari menyerang ke bertahan.

Songkrasin tidak menyia-nyiakannya peluang tersebut. Tembakan mendatar Songkrasin menembus gawang Nadeo untuk kedua kalinya.

Indonesia mencoba keluar dari tekanan Thailand, Irfan Jaya sempat memiliki peluang bagus guna memperkecil kedudukan. Namun tendangan Irfan masih mampu ditepis penjaga gawang Thailand.

Kembali pada menit ke-62 Irfan mendapat assist dari Ricky. Saat berhadapan dengan kiper Siwarak Tedsungnoen, tendangan Irfan masih membentur kaki kiper Thailand.

Duet Witan Sulaeman dan Kadek Agung pada menit ke-64 masih belum bisa membongkar pertahanan Thailand. Tim Merah Putih masih mengandalkan operan-operan pendek guna menembus tembok Thailand.

Namun justru Thailand menjauh 3-0 di menit ke-67 melalui tembakan Supachok Sarachat dari luar kotak penalti.

Tim asuhan Alexandre Polking itu memanfaatkan kelonggaran pertahanan Indonesia di babak kedua. Umpan Philip Roller dari sisi kanan diterima dengan baik oleh Supachok yang berdiri bebas.

Tanpa kesulitan pemain nomor punggung 7 itu melepaskan sepakan kaki kanan yang mengarah ke kiri bawah gawang Nadeo 3-0 untuk Thailand.

Pada menit ke-78 Dedik Setiawan terjatuh di kotak penalti saat berebut bola dengan kiper pengganti Kawin Thamsatchanan namun wasit menganggap Dedik diving, dia pun diganjar kartu kuning.

Thailand kembali menambah gol di menit ke-83 melalui kaki Bordin Phala. Hadirnya gol ke-4 membuat mental pemain Indonesia down. Hingga akhir pertandingan, skor 4-0 untuk kemenangan Thailand tidak berubah.

Leg kedua akan berlangsung pada 1 Januari 2022, Indonesia membutuhkan 5 gol untuk menjadi juara Piala AFF 2020. Tetap semangat Indonesia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya