News Jum'at, 18 November 2022 | 12:11

Timnas U-20 Kalah 0-6 atas Prancis U-20, Pemain Naturalisasi Geram ke Kiper

Lihat Foto Timnas U-20 Kalah 0-6 atas Prancis U-20, Pemain Naturalisasi Geram ke Kiper Pemain Timnas U-20 saat melawan Prancis U-20 di Spanyol, Jumat, 18 November 2022 dini hari. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Timnas U-20 Indonesia kalah telak 0-6 atas Prancis U-20 dalam pertandingan yang digelar di Spanyol, pada Jumat, 18 November 2022 dini hari WIB.

Laga tersebut merupakan ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week digelar di Pinatar Arena Football Center, Spanyol.

Enam gol bersarang di gawang yang dijaga Cahya Supriadi, beberapa diantaranya merupakan akibat kesalahan pemain belakang dan kiper yang sering salah passing.

Gol pertama misalnya, bermula dari passing error dari Cahya. Bermaksud memberikan bola ke pemain belakang di sisi kanan, bola malah mengarah ke pemain Prancis yang berdiri bebas tak jauh darinya.

Andy Diouf melesakkan bola ke gawang Cahya pada menit ke-4. Gol berikutnya dilesakkan Alexis Tibidi (11’), dan Matthis Abline (39’).

Gol bertambah di 45 menit kedua, melalui Abline di menit ke-65, Martine Adeline (77’) dan Lamine Cisse (90’+2).

Dalam gol pertama ke gawang Cahya, reaksi pemain naturalisasi Justin Hubner tampak menunjukkan sikap geramnya kepada kiper yang melakukan error passing tersebut.

Hal sama ditunjukkan pelatih timnas Shin Tae-yong, yang terlihat berdiskusi dengan stafnya bagaimana cara melakukan passing yang baik saat melihat error yang dilakukan Cahya.

Baca juga:

Timnas U-20 Indonesia Menang 3-1 atas U-20 Moldova

Atas kekalahan ini, Shin Tae-yong mengatakan bahwa kondisi pemainnya masih kelelahan setelah tiba di Spanyol usai menyelesaikan pemusatan latihan di Turki.

"Karena kondisi mereka belum pulih karena kelelahan, para pemain belum bisa memberikan kemampuan terbaik di laga ini. Tentu ada evaluasi untuk tim, karena di pertandingan tadi banyak melakukan kesalahan," kata dia dilansir dari laman PSSI, Jumat, 18 November 2022.

Dia menginginkan pemain melawan tim yang kuat serta kualitasnya di atas mereka agar tidak takut dan harus kuat mental. 

"Kemampuan pemain sebenarnya baik sekali, namun karena takut duluan jadi tidak bisa menampilkan permainan terbaik," tambahnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui bahwa tim Prancis merupakan tim yang kualitasnya di atas Indonesia.

"Tentu pada pertandingan ini para pemain mendapatkan pengalaman berharga dari salah satu tim kuat dari Eropa yakni Prancis. Kami berharap pemain tetap semangat, kerja keras, disiplin dan terus berkembang lebih baik selama pemusatan latihan di Spanyol," kata dia.

Marselino dkk masih akan melakukan laga melawan Slovakia U-20 pada Sabtu, 19 November 2022. 

Garuda Nusantara tiba di Spanyol pada Selasa, 15 November 2022 setelah menempuh perjalanan usai pemusatan latihan di Antalya, Turki.

Susunan Pemain:

Indonesia: Cahya Supriyadi; Justin Hubner, Frenky Missa, Muhammad Ferarri, Muhammad Dzaki; Ivan Jenner, Arkhan Fikri; Zanadin Fariz, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka

Prancis: Yann Lienard; Junior Mwanga, Tanguy Zoukrou, Brayann Pereira, Jordan Semedo; Abdoulla Ba, Florent da Silva, Andy Diouf, Alexis Tibidi, Loum Tchouna, Mattis Abline.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya