News Selasa, 14 Juni 2022 | 19:06

Timnas Vs Nepal Rabu Dini Hari, Cukup Seri Lolos ke Piala Asia 2023 

Lihat Foto Timnas Vs Nepal Rabu Dini Hari, Cukup Seri Lolos ke Piala Asia 2023  Pratama Arhan, pemain timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Timnas sepak bola Indonesia menjalani laga terakhir kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, Rabu, 15 Juni 2022 dini hari, pukul 02.15 WIB.

Pratama Arhan dkk akan bertanding melawan Nepal, negara yang sudah dipastikan tersingkir setelah menelan dua kali kekalahan di Grup A.

Peluang timnas besutan Shin Tae-yong untuk lolos ke Piala Asia 2023 terbuka lebar. Meski hasil seri bisa mengantarkan Indonesia ikut Piala Asia, namun kemenangan menjadi incaran untuk memastikan tiket tersebut.

Lalu bagaimana hitung-hitungan timnas bisa lolos meski misalnya hanya meraih imbang kontra Nepal? 

Setelah melewati dua pertandingan, Pratama Arhan dkk kini berada di posisi dua klasemen Grup A, dengan tiga angka (selisih gol 0). Terpaut tiga angka dari Yordania di puncak klasemen (selisih gol +3).

Sementara itu tuan rumah Kuwait di posisi tiga (selisih gol +2) dengan tiga poin. Nepal berada di posisi juru kunci dengan nol poin (selisih gol -5). 

Skuad Garuda julukan timnas Indonesia berada di posisi yang lebih baik ketimbang Kuwait. Karena unggul head-to-head atas sang lawan.

Bagaimana caranya Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 meski seri lawan Nepal. Dua syarat yang wajib mengikuti, seperti dilansir dari okezone.com.

Pertama, Yordania harus menang melawan Kuwait di laga pamungkas Grup A pada Selasa, 14 Juni 2022 pukul 23.15 WIB. 

Jika sukses menekuk Kuwait, Yordania amankan tiket ke Piala Asia 2023 lewat status juara grup.

Baca juga:

Cerita Marc Klok Sebagai Penendang Terakhir Saat Adu Penalti Timnas Melawan Malaysia

Kuwait jika kalah dari Yordania, berada di posisi tiga dengan tiga angka. Nah, jika Timnas Indonesia bermain imbang dengan Nepal, poin menjadi empat dan sebagai runner up.

Satu lagi hal yang menentukan, di mana Timnas Indonesia wajib berharap di Grup B, Yaman tidak menang 5-0 atas Mongolia.

Yaman sedang bertanding melawan Mongolia. Jika menang 5-0 atas Mongolia, koleksi poin Yaman empat dengan selisih gol 0.

Yaman bakal mengungguli Timnas Indonesia di posisi runner-up grup terbaik. Yaman mencetak lima gol, sedangkan anak-anak asuh Shin Tae-yong cuma mengemas dua gol.

Jika Yaman gagal menang besar atas Mongolia dan Kuwait kalah, Indonesia meraih tiket ke Piala Asia 2023. Indonesia merebut satu slot dari lima runner-up terbaik.

Indonesia dan runner-up klasemen sementara Grup B, Filipina, sama-sama mengemas empat angka. 

Namun, Indonesia lebih unggul karena mempunyai selisih gol 0, sedangkan Filipina selisih golnya -3. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya