News Senin, 01 Juli 2024 | 16:07

Tingginya Elektabilitas Kaesang di Jateng Gegara Jokowi, Gerindra: Itu Kampungnya

Lihat Foto Tingginya Elektabilitas Kaesang di Jateng Gegara Jokowi, Gerindra: Itu Kampungnya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. Foto:Istimewa)

Jakarta - Hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpengaruh kepada elektabilitas putra bungsunya, yakni Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Pada Minggu, 30 Juni 2024, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menyebut elektabilitas Kaesang di Jawa Tengah (Jateng) unggul dibanding kandidat lainnya. Hal itu berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat Jateng terhadap kinerja Jokowi mencapai 85,1 persen.

"Anda bisa lihat masyarakat Jawa Tengah atau pemilih Jateng yang mengatakan puas terhadap Presiden dukungannya cenderung lebih banyak ke Kaesang baru diikuti oleh Ahmad Luthfi lalu ke Yasin Maimoen," kata Djayadi.

"Jadi alasan mengapa Kaesang cenderung unggul dari yang lain, antara lain karena para pemilih Jawa Tengah yang puas dengan kinerja Jokowi itu lebih mendukung Kaesang dibandingkan yang lain, itu kalau 6 nama ya," sambungnya.

Merespons hasil survei LSI itu, Waketum Gerindra, Habiburokhman menyebut tingginya elektabilitas Kaesang tak lepas dari Jateng yang merupakan kampung halaman Jokowi.

"Saya pikir kalau Jawa Tengah kan kampungnya Pak Jokowi, Pak Jokowi besar di sana," kata Habiburokhman, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 1 Juli 2024.

Lebih lanjut, sambungnya, keluarga besar Presiden Jokowi pun berada di Jateng. Ia lantas mencontohkan dukungan keluarga Jokowi dalam memenangkan Prabowo di Jateng saat Pilpres 2024.

"Keluarganya juga, kemarin keluarga besar Pak Jokowi all out memenangkan Pak Prabowo di Jawa Tengah," ujarnya.

Habiburokhman mengatakan partainya terbuka lebar jika Kaesang ingin maju di Pilgub Jateng. Sambutan terhadap, lanjutnya, Kaesang akan luar biasa.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya