News Senin, 04 April 2022 | 20:04

Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Kalau Mau Bertransisi dari Pandemi ke Endemi

Lihat Foto Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Kalau Mau Bertransisi dari Pandemi ke Endemi Ilustrasi Covid-19. (foto: ist).

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berkeyakinan bahwa Indonesia siap bertransisi dari pandemi ke endemi jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatannya meningkat.

"Selama masyarakat semakin siap menyadari apa yang harus dilakukan menghadapi pandemi ini, itu menunjukkan bahwa kita siap untuk bertransisi dari pandemi menjadi endemi," ujar Menkes Budi dalam keterangan pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, seperti mengutip ANTARA, Senin, 4 April 2022.

Dia berharap, adanya perbaikan kondisi Covid-19 di dalam negeri saat ini juga diikuti dengan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Kesehatan terhadap pandemi ini ada di tangan kita masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI mencatat jumlah kasus aktif pada Senin, 4 April 2022 ini turun sebanyak 5.755 kasus menjadi 90.235 kasus aktif.

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini tercatat bertambah sebanyak 1.661 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 di Tanah Air berjumlah 6.021.642 orang.

Sedangkan jumlah pasien yang sembuh dari penularan COVID-19 secara nasional pada hari ini bertambah 7.355 pasien, sehingga sehingga total mencapai 5.776.058 orang.

Sebelumnya, Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto mengharapkan setelah Lebaran 2022 kondisi kasus corona tidak seperti setelah liburan panjang sebelumnya, di mana terjadi peningkatan kasus secara signifikan, yang diperparah dengan adanya varian baru.

"Apabila tetap landai, tidak terjadi peningkatan kasus yang signifikan, mungkin akan berpikir untuk beralih status pandemi menjadi endemi," ucap Suharyanto.

Satgas Covid-19 mengharapkan masyarakat Indonesia dapat mudik dengan aman dan menjalani ibadah bulan Ramadan dengan tenang, dengan tetap proteksi maksimal dan berlapis terhadap diri sendiri dan keluarga dengan vaksinasi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya