News Rabu, 26 Oktober 2022 | 01:10

Tinjau IKN, Jokowi Optimis Januari 2023 Ada Geliat Pembangunan Gedung

Lihat Foto Tinjau IKN, Jokowi Optimis Januari 2023 Ada Geliat Pembangunan Gedung Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan infrastruktur kawasan IKN berjalan baik. (foto: Opsi/Twitter @jokowi).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis dengan geliat perkembangan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) saat meninjau langsung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022.

Presiden Jokowi meyakini pada Januari 2023 nanti ada geliat gedung-gedung sudah terbangun di IKN.

Menurutnya, yang terbangun pada Januari nanti bukan hanya gedung-gedung pemerintah saja, tetapi juga yang diperuntukkan dan dipergunakan sektor swasta, sebagai penanda pusat perekonomian baru di wilayah IKN.

"Nanti bisa kita lihat di bulan Januari insya Allah bukan hanya gedung-gedung-nya pemerintah, tetapi private sector atau sektor swasta, investor, PPP (public private partnership), sudah pada masuk dan mulai," kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden.

"Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," ucapnya menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN berkembang dengan baik seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta pembukaan akses jalan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan infrastruktur kawasan IKN berjalan baik. (foto: Opsi/Twitter @jokowi).

"Land development (pembukaan lahan) untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," ujar dia.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke IKN melewati jalur laut yang akan menjadi wilayah transportasi logistik ke ibu kota baru tersebut.

Jokowi menjelaskan, pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," ujar Jokowi.

Dengan berbagai perkembangan yang ditemui di lapangan, Jokowi semakin optimistis Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 dapat digelar di IKN.

"Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insya Allah bisa, harus optimistis," ucap Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya