News Minggu, 09 April 2023 | 17:04

Tito Karnavian: GKI Bogor Tempat Fenomenal untuk Bangsa Indonesia

Lihat Foto Tito Karnavian: GKI Bogor Tempat Fenomenal untuk Bangsa Indonesia Mendagri Tito Karnavian, (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Bogor - Mendagri Tito Karnavian menyebut gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Bogor sebagai tempat yang fenomenal untuk bangsa Indonesia.

Menurut dia, gedung GKI yang baru diresmikan Menko Polhukam Mahfud Md tersebut menjadi momentum penyelesaian sebuah persoalan besar, terkait dengan pendirian rumah ibadah.

Konflik pendirian gedung yang dulunya disebut GKI Yasmin itu berlangsung selama 15-16 tahun lamanya, dan kini sudah tuntas di mana gedungnya diresmikan.

"Ini memang acara simpel, sederhana. Di tempat yang tidak terlalu besar dengan dihadiri 200-300 orang, tapi tempat ini fenomenal untuk untuk bangsa Indonesia. Karena hari ini kita menyelesaikan satu persoalan yang dihadapi lebih dari 15 atau 16 tahun," katanya.

Tito mengaku, saat dirinya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya hingga Kapolri, salah satu yang bikin dirinya pusing adalah kasus GKI Yasmin. 

"Itu demonya pasti depan istana terus," ungkapnya. 

Sebelumnya, Sekum Sinode GKI Pdt Suhud Setyo Wardono dalam sambutan sebelum peresmian mengatakan, pendirian gereja GKI Pengadilan Bogor Barat ini melalui proses yang sangat panjang.

Mendapatkan solusi yang terbaik ketika ada tawaran dari Wali Kota Bogor Bima Arya, yang kemudian direspons sinode GKI. 

Setelah melalui proses pengumpulan tanda tangan oleh jemaat dan persetujuan masyarakat Cilendek Barat, Kota Bogor, majelis mengajukan persyaratan persetujuan pembangunan gereja kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor.

Dan setelah melalui proses verifikasi, maka pada 27 Mei 2021 FKUB Kota Bogor menerbitkan rekomendasi pembangunan gereja di Bogor Barat.

BACA JUGA: 

"Setelah memenuhi syarat maka pada 11 Juni 2021 secara resmi Pemko Bogor memberikan hibah sebidang tanah seluas 1.668 meter persegi di Cilendek Barat kepada majelis jemaat GKI Pengadilan Bogor," terangnya.

Menurut Pdt Suhud, berkat dukungan penuh Pemko Bogor di bawah Wali Kota Bima Arya terbitlah IMB GKI Pengadilan Bogor Barat, nomor 6458-/0723/IMB tahun 2021 dan diserahkan secara resmi pada 8 Agustus 2021.

"Kami meyakini proses panjang ini, proses pendirian ini panjang dan berlarut-larut. Tapi kemudian dapat diselesaikan dengan komitmen yang kuat memperjuangkan kebaikan melalui cara-cara yang bijaksana dengan mengedepankan musyawarah," katanya. 

"Akhirnya hari ini, Minggu, 9 April 2023 pada saat yang sama kami sebagai warga Bogor Barat maupun GKI dan umat Kristiani di seluruh dunia merayakan Paskah sekaligus hari ini diresmikan gedung GKI Bogor Barat, mohon bapak-bapak yang kami hormati dan cintai meresmikan pada bagian ini," tambah Pdt Suhud.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya