News Kamis, 15 Desember 2022 | 07:12

TNI AD Tunggu Perintah Panglima Laksamana Yugo Margono Operasi Militer Tumpas KKB

Lihat Foto TNI AD Tunggu Perintah Panglima Laksamana Yugo Margono Operasi Militer Tumpas KKB Sniper TNI AD siap tumpas KKB. (Foto: TNI AD)
Editor: Rio Anthony

Papua - Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali menebar teror. Kali ini KKB melakukan pembunuhan terhadap 4 warga sipil di Papua. TNI AD mengutuk keras tindakan tersebut.

"TNI AD tentu saja mengutuk keras kebiadaban yang dilakukan oleh KKB terhadap masyarakat sipil," ujar Kepala Dinas TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari kepada wartawan, Rabu 14 Desember 2022.

Hanim menyebut TNI AD siap memberi tindak tegas kepada KKB jika diberi kewenangan oleh Panglima TNI baru, Laksamana Yugo Margono.

"Terkait menuntaskan KKB, TNI AD selalu siap melakukannya apabila mendapatkan perintah dari Panglima TNI selaku pemegang kewenangan pengerahan kekuatan TNI untuk operasi militer," tambahnya.

Diketahui, KKB menembak mati 4 warga sipil. Pembunuhan ini terjadi di dua lokasi berbeda, yakni di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, dan Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Dengan rincian tiga di antaranya dibunuh di Kabupaten Pegunungan Bintang, sedangkan seorang lainnya yang merupakan pegawai Bank Papua dibunuh di Kabupaten Puncak.

Menanggapi hal tersebut, Komnas HAM meminta agar pemerintah melakukan tindak tegas untuk memberi efek jera kepada KKB.

"Menurut saya harus ada proses penegakan hukum terhadap kelompok bersenjata yang melakukan penembakan terhadap warga sipil di Kabupaten Puncak," kata Komisioner Komnas HAM Uli Parulian. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya