News Rabu, 22 Desember 2021 | 14:12

TNI AU Ungkap Kondisi Bandara Halim Perdanakusuma yang Ditutup 1 Januari 2022

Lihat Foto TNI AU Ungkap Kondisi Bandara Halim Perdanakusuma yang Ditutup 1 Januari 2022 Bandara Halim Perdanakusuma. (foto: ist).

Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengungkap alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yang memerintahkan merevitalisasi runway atau Landasan Udara (Lanud) Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma, karena faktor usia dan konsisi tanah di sekitar yang sedikit lapuk.

"Saya kurang paham dengan tanah, tapi yang jelas terjadi penurunan, ada semacam air tanah dan lainnya. Akibatnya, runway itu sudah mendekati ambang batas tanah. Sebetulnya kita ketahuinya hampir dua tahun lalu," kata Kasau Fadjar pada acara Press Tour dan Media Gathering, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 22 Desember 2021.

Fadjar berkata, pihaknya akan memindahkan empat skuadron udaranya ke Bandara Soekarno-Hatta dan Landasan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, karena Lanud dan Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup, sesuai instruksi presiden, pada awal tahun 2022.

"Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari 2022. Ini adalah perintah Bapak Presiden Jokowi karena Bapak Presiden merasakan betul runway-nya (landasan pacu) itu sudah kasar," kata Kasau Fadjar.

Kemudian, Presiden Jokowi memerintahkan untuk melakukan perbaikan secara total. Dengan perbaikan itu, nantinya usia landasan pacu bisa dipakai untuk 20 tahun ke depan. Selain runway , kata dia, pihaknya juga akan memperluas apron untuk militer.

"Kami juga akan merenovasi gedung VIP dan terminal TNI AU," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya