Daerah Senin, 19 Juni 2023 | 20:06

TP PKK Sumut Monitoring Tata Tertib Administrasi PKK di Pematang Siantar

Lihat Foto TP PKK Sumut Monitoring Tata Tertib Administrasi PKK di Pematang Siantar Tim TP PKK Provinsi Sumatra Utara (Sumut) melakukan monitoring Tata Tertib Administrasi TP PKK di Kota Siantar, Senin, 19 Juni 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Tim TP PKK Provinsi Sumatra Utara (Sumut) melakukan monitoring Tata Tertib Administrasi TP PKK Kelurahan Naga Pitu, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar.

Monitoring yang berlangsung di Kantor Lurah Naga Pitu itu, dihadiri Ketua TP PKK Kota Siantar Kusma Erizal Ginting, Senin, 19 Juni 2023.

Usai disambut persembahan tarian, tim monitoring menuju ruangan TP PKK untuk meninjau data umum TP PKK Kelurahan Naga Pitu.

Mereka juga mengunjungi stand yang menjual sejumlah produk UMKM Kecamatan Siantar Martoba.

Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Pardamean Silaen menyampaikan, pelaksanaan monitoring TP PKK merupakan salah satu wujud nyata dari sistem rentang kendali yang merupakan bagian dari sistem manajemen dalam gerakan PKK, setelah pelaksanaan supervisi sebelumnya.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk memantau dan membina pelaksanaan terkait kemitraan TP PKK dengan stakeholders yang sesuai visi dan misi gerakan PKK, serta mendukung kelancaran pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, serta mendapatkan gambaran potensi dan masalah yang dihadapi.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjutnya, dalam rangka pelaksanaan 10 Program Pokok PKK akan selalu mendorong dan membantu pemberdayaan TP PKK dalam pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Susanti berharap seluruh jajaran pengurus TP PKK Siantar dapat menyajikan bahan yang dibutuhkan oleh Tim Monitoring PKK Provinsi Sumut dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK terkait Lomba Tata Tertib Administrasi PKK.

"Harapan kami, melalui Ibu Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara dan rombongan, dapat memberikan nominasi terbaik untuk Tim Penggerak PKK kota Pematang Siantar," tuturnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar Kusma Erizal Ginting menyebut bahwa momentum ini suatu kesempatan yang baik bagi Kota Siantar.

Karena lima kelurahan atau lima lomba diperhitungkan untuk dimonitoring oleh TP PKK Provinsi Sumut.

Ia menjelaskan, ada tiga lomba yang telah dilaksanakan, yakni UP2K, Hatinya PKK, dan IVa Test.

"Ini menyusul dua lomba lagi, yaitu lomba Tertib Administrasi PKK serta Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR)," ucap Erizal.

Dia menuturkan, pihaknya telah berupaya sedapat mungkin untuk melakukan apa yang harus dilakukan.

"Pembinaan-pembinaan telah dilakukan, baik oleh TP PKK kota Pematang Siantar, lintas sektoral terkait, dan lainnya. Bahkan ada yang telah diikutkan dalam lomba-lomba," sebut Ketua Dekranasda Siantar ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam Perlombaan Tata Tertib Adminitrasi, TP PKK Siantar bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemko Siantar untuk membuat aplikasi PKL, yaitu e-dasawisma yang sudah beroperasi mulai tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota. Semua data terkumpul melalui aplikasi PKK Siantar.

Ia berharap dalam monitoring ini, banyak masukan yang bisa mereka terima dari Tim Monitoring Provinsi Sumut yang akan dijadikan pelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas di masa yang akan datang.

"Kami menyadari bukanlah suatu hal yang mudah untuk meraih prestasi. Namun yang lebih penting yaitu kita semua sama-sama melakukan atau mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari lomba ini," tuturnya.

"Di lapangan banyak kendala yang kami hadapi, namun kami tidak berputus asa dan terus melakukan apa yang dapat kami lakukan," ucapnya menambahkan, seraya menyebut pihaknya mendapat dukungan dari camat sebagai Dewan Pembina TP PKK Kecamatan, termasuk dukungan dari lurah, LPM, Karang Taruna, tokoh masyarakat, dan dinas terkait.

"Apabila hal ini dapat terlaksana, kami yakin gerakan PKK yang tujuannya agar terwujudnya keluarga Sehat, Sejahtera, Maju, dan Mandiri serta Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan terwujud," tutup Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Siantar ini.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis diwakili Tim Monitoring Pelaksana Tata Tertib Administrasi PKK Tingkat Provinsi Sumut Ny Delyana menyampaikan, sistem koordinasi dan konsultasi harus dilaksanakan agar program dapat berjalan dengan baik.

Ia mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang telah menyukseskan program penurunan angka stunting, melaksanakan vaksinasi, dan program lainnya.

Turut hadir, Tim Monitoring Pelaksana Tata Tertib Administrasi PKK Tingkat Provinsi Sumut Rahmad Adriansyah, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Johanes Sihombing, Camat Siantar Martoba Irfan, Camat Siantar Utara Irwansyah Saragih, Camat Siantar Barat Pardomuan Nasution.

Kemudian, lurah se-Kecamatan Siantar Martoba, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Martoba Ny Irfan, serta Ketua TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Siantar Martoba.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya