Daerah Senin, 02 Mei 2022 | 15:05

Tradisi Ziarah Kubur Warga Kota Cirebon di Hari Pertama Idulfitri 1443 H

Lihat Foto Tradisi Ziarah Kubur Warga Kota Cirebon di Hari Pertama Idulfitri 1443 H Warga Kota Cirebon ziarah ke makam sanak keluarganya pada hari pertama Lebaran 2022. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Hari pertama Idulfitri 1443 H, sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Kota Cirebon dipadati oleh warga.

Tradisi ziarah kubur ini biasa dilakukan warga setiap hari raya Lebaran.

Dari pantauan Opsi di TPU Kemlaten Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon sejak pagi sudah dipadati warga yang ingin berziarah ke makam kerabat mereka.

Indah warga Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon yang ditemui di TPU tersebut mengatakan ia bersama keluarganya tiap Lebaran berziarah ke makam orang tuanya.

"Tradisi ini sudah kami lalukan sejak dulu," kata ibu dua anak ini.

Baca juga:

Silaturahmi Idul Fitri, Jokowi dan Prabowo Bicara Kecocokan Tinggal di Bogor

Menteri Sandiaga Uno Cicipi Sajian Kuliner Sang Bunda, Ada Telor Balado

Dia menambahkan ziarah ke makam pada Lebaran tahun ini terlihat lebih ramai dari tahun sebelumnya karena sudah banyak masyarakat yang bisa mudik ke kampung halaman.

"Dalam kesempatan ini kami dapat mengirimkan surah-surah ayat suci Al Quran dan memanjatkan doa-doa untuk keluarga yang ada di alam kubur sembari membersihkan makamnya," ujarnya.

Demikian pula di TPU Jabang Bayi. Pemakaman umum yang berlokasi di Kecamatan Kesambi itu juga dipadati warga usai salat Ied. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya