News Rabu, 02 Maret 2022 | 10:03

Tuntut Pencopotan Menag Yaqut, Jumat Ini PA 212 Gelar Aksi Bela Islam

Lihat Foto Tuntut Pencopotan Menag Yaqut, Jumat Ini PA 212 Gelar Aksi Bela Islam Ilustrasi - Persaudaraan Alumni atau PA 212 melakukan aksi bela Islam. (foto: Morteza Syariati Albanna/Opsi).

Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin menginformasikan, pihaknya bakal menggelar aksi demonstrasi bertajuk `Aksi Bela Islam` menuntut pencopotan Yaqut Cholil Qoumas dari kursi Menteri Agama (Menag).

`Aksi Bela Islam` rencananya akan dilakukan di depan kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Jumat, 4 Maret 2022.

Novel menekankan, aksi tersebut merupakan buntut dari penyataan Menag Yaqut yang diduga menganalogikan pengeras suara untuk azan dengan gonggongan anjing.

Baca juga: PA 212 Desak Presiden Jokowi Pecat Menag Yaqut

"Kalau tidak ada halangan maka Jumat ini kami bisa menggelar aksi," kata Novel Bamukmin kepada wartawan, Rabu, 2 Maret 2022.

Novel bilang, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pemberitahuan `Aksi Bela Islam` ke kepolisian. PA 212 menargetkan akan mempersiapkan demonstrasi berjilid-jilid hingga Yaqut dicopot dari jabatannya sebagai Menag. 

Wakil Sekretaris Jendral PA 212 Novel Bamukmin. (Foto: Antara/Mochammad Risyal Hidayat)

"Kami sedang mempersiapkan Aksi Bela Islam lawan penista agama berjilid-jilid sampai Yaqut dipenjara atau dicopot," kata dia.

Namun, Novel mengaku belum dapat mengestimasi total massa aksi yang akan hadir pada Jumat, 4 Maret 2022.

Dia hanya menyebutkan, PA 212 akan menggelar aksi serupa di Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia.

Baca juga: Toa Masjid dan Gonggongan Anjing, PA 212: Yaqut Lebih Parah dari Ahok!

"Aksi ini aksi serempak. Karena memang dari PA 212 mengimbau agar di daerah manapun agar menggelar aksi," kata dia.

Sebelumnya, Yaqut telah dilaporkan beberapa pihak ke kepolisian terkait pernyataan gonggongan anjing saat menjelaskan aturan toa masjid dan musala untuk azan dan kegiatan lainnya.

Yaqut diketahui menyatakan hal tersebut usai menghadiri pertemuan dengan tokoh agama, di Balai Serindit, Kediaman Gubernur Riau, Rabu, 23 Februari 2022 lalu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya