Daerah Jum'at, 25 Maret 2022 | 19:03

Uang Nasabah BRI di Medan Sebesar Rp 1,6 M Raib dari Rekening

Lihat Foto Uang Nasabah BRI di Medan Sebesar Rp 1,6 M Raib dari Rekening Kuasa hukum nasabah BRI Medan saat memberikan keterangan soal raibnya uang nasabah Rp 1,6 miliar. (Foto: Istimewa)
Editor: Tigor Munte Reporter: , Andi Nasution

Medan - Seorang nasabah di BRI Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatra Utara, kehilangan uang sebesar Rp 1,6 miliar dari rekeningnya.

Setelah menerima laporan ini, pihak bank kabarnya sedang melakukan investigasi.

Dan jika kehilangan saldo tabungan milik nasbah bernama Vira Vazhira, itu karena tindakan skimming, BRI menjamin akan mengembalikan tabungan tersebut. 

"Jadi kami sudah bertemu dengan Kepala Cabang BRI bersama perwakilan wilayah bank BRI, dan kami sudah berbicara langsung mengenai kehilangan uang itu. Dan tadi mereka sampaikan jika saat ini bank BRI sedang melakukan investigasi, jika nanti memang kesalahan terjadi pada pihak BRI, mereka akan mengembalikan uang klien kami," beber Dwi Ngai Sinaga, kuasa dari Vira Vazria, Kamis, 24 Maret 2022. 

BRI pun meminta kepada kuasa hukum Vira dalam waktu satu bulan untuk memproses masalah itu dan melakukan pengumpulan data penyebab hilangnya uang nasabah.

"Kami apresiasi langkah BRI dalam menjaga kepercayaan nasabahnya. Dan mereka minta waktu satu bulan untuk menginvestigasi masalah. Kami tunggu hasilnya seperti apa nantinya. Karena juga transaksi penarikan uang dilakukan di BRI Jalan Sisingamangaraja, mungkin rekaman CCTV masih dapat dibuka untuk melihat siapa yang melakukan penarikan uang," kata Dwi. 

Peristiwa kehilangan uang nasabah BRI itu terjadi pada April 2021 lalu. Namun kejadian itu baru terkuak belakangan, setelah tim kuasa hukum Vira mendesak pihak bank untuk bertanggung jawab. 

Dwi mengatakan, Vira awalnya memiliki saldo dalam tabungan sebesar Rp 1,6 miliar. Namun selama tiga bulan, yakni mulai April hingga Juli tahun lalu, tabungan Vira secara drastis turun.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Paviliun Pemko Medan, Kahiyang Ayu Sumringah

Dari catatan rekening koran Vira sejak April sampai Juli, tabungan berkurang dari total Rp 1,6 miliar, tersisa dalam rekeningnya hanya Rp 24 juta. 

"Jadi itu salah satu yang kami pertegas semalam bagaimana uang itu dapat hilang dan pengambilan dilakukan dari teller bank. Jadi kami minta siapa yang bermain di sini agar ditelusuri. Jika itu dilakukan oleh oknum maka kami harapkan BRI bertanggung jawab," tuturnya. 

Sebelumnya Pimpinan Cabang BRI Jalan Sisingamangaraja Medan, Totok Siswanto memberikan jawaban soal kasus uang Rp 1,6 miliar milik nasabah bernama Vira Vahriza yang raib dari rekening.

Lewat siaran pers, Totok mengatakan bahwa saat ini BRI sedang melakukan proses investigasi untuk mendalami kasus yang menimpa Vira Vazhira.

"BRI menjamin keamanan seluruh transaksi nasabahnya dengan menerapkan prudential banking operation dan good corporate governance sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya dalam siaran pers. 

Totok mengatakan, BRI berkomitmen dan akan bertanggung jawab apabila ditemukan pelanggaran terhadap standart operation procedure (SOP) yang berdampak kerugian bagi nasabah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya