News Kamis, 03 Maret 2022 | 16:03

UIII Jadi Pusat Kajian Islam, KSP: Mercusuar Keislaman Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Lihat Foto UIII Jadi Pusat Kajian Islam, KSP:  Mercusuar Keislaman Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: ist).

Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) menilai gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai pusat kajian Islam moderat akan memperkuat posisi Indonesia sebagai kiblat peradaban Islam.

Tenaga Ahli Utama KSP, Rumadi Ahmad mengatakan bahwa Indonesia mempunyai posisi sangat strategis sebagai pusat peradaban Islam.

Di samping sebagai negara dengan jumlah penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, lanjutnya, Indonesia juga tidak mempunyai beban sejarah masa lalu karena tidak terlibat dalam konflik keagamaan yang menjadi bagian dari sejarah dunia.

"Posisi ini memudahkan Indonesia berkomunikasi dengan semua kekuatan keagamaan," kata Rumadi meneruskan keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2022.

Menurutnya, Indonesia mempunyai modal sosial, intelektual, dan politik yang dapat menjadi contoh dan referensi pengembangan Islam toleran dan moderat.

Dia berpandangan, kehadiran UIII yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini menjadi bukti keseriusan pemerintahan Joko Widodo-Ma`ruf Amin untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban.

"UIII harus berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai pemimpin gagasan dan peradaban dunia. Jadi, PSN ini bisa disebut mercusuar keislaman pemerintahan Jokowi-Ma`ruf," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma`ruf Amin berharap pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan perkuliahan UIII disesuaikan dengan standar universitas internasional.

Wapres juga meminta UIII harus dapat menjadi pusat keunggulan peradaban Islam global. Dengan begitu, peran Indonesia sebagai negara yang berhasil menerapkan Islam wasathiyah dengan baik dapat terus digaungkan di kancah internasional.

"Prakarsa pembangunan UIII sejak awal dimaksudkan untuk menjadi pusat rujukan global pelaksanaan Islam wasathiyah," ujar Wapres, Rabu, 2 Maret 2022.

Pembangunan UIII ditetapkan sebagai PSN setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016. 

Oleh karena itu, KSP ikut mengawal pelaksanaan pembangunan hingga pengoperasian UIII.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya