Daerah Selasa, 14 Juni 2022 | 19:06

Umat Kristen Sedunia Konferensi di Jawa Tengah, Begini Tanggapan Ganjar

Lihat Foto Umat Kristen Sedunia Konferensi di Jawa Tengah, Begini Tanggapan Ganjar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu panitia pelaksana MWC. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Semarang – Ribuan umat Nasrani dari 58 negara akan berkumpul di Jawa Tengah dalam acara Mennonite World Conference ke-17, awal Juli mendatang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut ini momentum bagus bagi Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk membawa pesan perdamaian pada dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar saat bertemu panitia pelaksana MWC di rumah dinasnya, Selasa 14 Juni 2022. Ganjar mengaku resah dengan situasi konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia saat ini.

“Saya beberapa hari ini nggak nyaman sama kondisi yang bisa kita lihat di media. Kekerasan, rasialis. Nah ini bagus untuk kita membawa pesan damai pada mereka,” kata Ganjar.

Tema MWC ke-17 bertajuk Melintas Batas, kata Ganjar, juga tepat dengan kegelisahan yang dirasakannya. Ganjar menyambut baik acara tersebut, dan berharap kegiatan ini bisa menciptakan resonansi perdamain pada dunia. Apalagi, Ganjar mendengar komunitas mennonite ini bergerak dengan latar belakang kemanusiaan dan sosial.

“Sehingga kalau kemudian banyak terjadi kekerasan-kekerasan kepada anak terus kemudian rasialisme yang muncul, harus dihentikan. Dan saya kira komunitas ini bisa menyuarakan,” ujarnya.

Momentum ini, lanjut gubernur, tepat karena acara tersebut melibatkan ribuan ummat Nasrani dari 58 negara.

“Ini momentum yang bagus buat Indonesia, buat komunitas dan gereja, agar bisa menyampaikan pada dunia bahwa itu sesuatu yang penting dan kita mesti menyuarakan itu dengan keras,” tegas Ganjar.

Koordinator Nasional Agus Setianto menjelaskan, MWC ini merupakan kegiatan enam tahun sekali. Indonesia dipilih menjadi tempat penyelenggaraan ke-17 pada tahun lalu. Namun ditunda menjadi 2022 karena pandemi.

Pembukaan acara, kata Agus, dilakukan di Kopeng, Salatiga, dan penutupannya di Kota Semarang Jawa Tengah.

Agus berharap kehadiran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo agar bisa menambah antusiasme peserta yang hadir. Dia juga berterima kasih karena Ganjar sepemikiran dengan misi yang dibawa dalam acara MWC.

“Pak Gub memesankan bahwa kalau bisa MWC ini membawa pesan perdamaian. Khususnya yang terjadi di Amerika, (peristiwa) rasialis dan sebagainya. Kalau bisa disuarakan dari momen ini untuk dibawa ke negara masing-masing khususnya Amerika,” tandas Agus.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya