Daerah Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:10

Undang 53 Ormas ke Pemko Siantar, Susanti: Wujudkan Pemilu Demokratis

Lihat Foto Undang 53 Ormas ke Pemko Siantar, Susanti: Wujudkan Pemilu Demokratis Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, sekaligus menciptakan pesta politik yang aman dan kondusif.

Demikian disampaikan Susanti dalam sambutannya sebelum membuka Forum Group Discussion (FGD) bagi Organisasi kemasyarakatan tahun 2023 di Kota Siantar, Selasa, 31 Oktober 2023.

Susanti mengatakan, ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Oleh karena itu, lanjutnya, ormas memiliki kekuatan yang strategis dalam pembangunan suatu daerah.

Ia menegaskan, Pemko Siantar berkomitmen dalam menyelenggarakan pemilu yang berkualitas, serta memberikan ruang yang adil bagi semua pemangku kepentingan.

"Saya mengajak bapak/ibu saling bergandengan tangan, bahu-membahu dalam pembangunan Kota Pematang Siantar yang kita cintai dalam mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak ormas bahu-membahu membangun Kota Siantar, serta menyukseskan Pemilu 2024. Serta turut serta menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung.

"Kita harus mewujudkan pemilu yang demokratis dan berkualitas," tukasnya.

Lebih lanjut, dia mengajak untuk mengubah pola pikir, di mana pemilu yang awalnya dianggap sebagai ajang kontestan politik menjadi ajang memperkukuh rasa kesatuan dan persatuan dari kebhinekaan bangsa Indonesia, dan semua pihak dapat berkontribusi dalam menciptakan Pemilu yang sehat.

Jumlah pemilih dan preferensi politik yang beragam, kata dia, adalah hasil abstraksi keberagaman pikiran dan aspirasi masyarakat.

Kekayaan dan kebhinekaan partai politik (parpol) harus dipandang sebagai kekuatan keberagaman yang positif di dalam membangun suatu bangsa.

"Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menjaga kekondusifan, keamanan, dan integritas selama berlangsungnya proses Pemilu," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Siantar, Ali Akbar mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang ormas dan peranannya dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Kegiatan ini diikuti 53 ormas yang telah terdaftar di Pemko Pematang Siantar," ucap Ali Akbar.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya