News Selasa, 14 Juni 2022 | 07:06

Unggah Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Kicauan Roy Suryo Dibanjiri Kecaman

Lihat Foto Unggah Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Kicauan Roy Suryo Dibanjiri Kecaman Roy Suryo. (Foto: Twitter)

Jakarta - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dikecam warganet, usai mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang dinilai mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Roy Suryo mengaku hanya mengunggah dua gambar stupa Candi Borobudur mirip Jokowi tersebut, yang menurut dia merupakan buah kreativitas netizen.

Meme pertama yang diunggahnya berupa sebuah stupa Buddha sedang bertapa. Namun, wajah stupa dibuat sekilas mirip Jokowi dengan tulisan, "Pantas saja tiketnya mahal ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambah dana bangun IKN," demikian keterangan gambar pertama dikutip Opsi, Selasa, 14 Juni 2022.

Baca juga: Roy Suryo Unggah Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Gun Romli: Ini Sih Pelecehan

Sementara meme kedua yang diunggah Roy Suryo berupa gambar stupa berwajah Jokowi. Adapun gambar tersebut merupakan tangkapan layar hasil kicauan warganet @postlima bernarasi "Si stupa candi Borobudur ada patung dewa anyar."

Dalam kicauannya yang menuai kecaman tersebut Roy Suryo menuliskan, "Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja Twit-nya. Sejalan dengan Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x. AMBYAR," demikian kicauan akuan Twitter @KRMTRoySuryo2 pada 10 Juni 2022 yang baru sekarang dipersoalkan.

Kicauan Roy Suryo soal stupa mirip Jokowi yang dikecam warganet. (foto: Twitter).

Menaggapi itu, warganet bernama capt. rogers pun menilai Roy Suryo tidak punya kecerdasan spiritual lantaran telah merendahkan figur suci umat Buddha.

"Sebagai orang terdidik seharusnya anda bisa menahan diri untuk tidak menyebarkan "kreativitas" kebablasan seperti ini. Untuk ummat Buddha figur Sidharta Gautama itu sangat dihormati dan sakral. Anda seperti orang yang tidak punya kecerdasan spiritual," kata capt. rogers.

Warganet Joan ‎Saga menuliskan, "Di negara +62, menghina simbol-simbol suci agama minoritas itu bisa enteng dilakukan oleh umat agama mayoritas, tapi jangan coba-coba nyenggol simbol-simbol agama mayoritas," kata dia.

"Saya muslim pak, tapi saya malu lihat postingan ini. Apalagi anda mantan menteri, gelarnya KRMT, unggah ungguhnya itu loh mana? Anda pasti marah jika simbol-simbol agama anda dihina, jadi jangan menghina simbolisimbol agama lain juga, jangan egois pak. Menurut anda ini lucu? Bagi saya miris," kata NineInspire.

"Kalau menghina simbol agama minoritas begini, biasanya apa sih tindakan kepolisian @CCICPolri @DivHumas_Polri," Dino Alves dengan me-mention akun kepolisian di Twitter.

Adapun hingga berita ini terpublikasi 14 Juni 2022 pukul 07.50, kicauan Roy Suryo sudah mendapat 195 retweets, 588 quote tweets, 698 likes, dan 1447 komentar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya