Hiburan Kamis, 12 Oktober 2023 | 00:10

Unit Reggae Asal Cirebon, Another Project Rilis Single Pantang Menyerah!

Lihat Foto Unit Reggae Asal Cirebon, Another Project Rilis Single Pantang Menyerah! Grup band reggae, Another Project. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Unit reggae asal Cirebon, Another Project memperkenalkan kembali karya terbarunya berupa single yang diberi tajuk Pantang Menyerah!. Tembang ini, membuka album anyar mereka yang bakal dilepas dalam waktu dekat.

Lewat keterangan tertulisnya, Another Project yang kini digawangi oleh Guntur `Ophay` Nursanto (Vocal/Rhytm Guitar), Nurkamal `Cepe` Siddiq (Lead Guitar/Back. Voc), Muhamad `Opik` Taufik (Bass/Back. Vocal), dan Teguh `Telix` Iman (Drum) mengatakan bahwa lagu baru ini mereka persembahkan untuk para penggemarnya.

Karya ini, mereka sebut sebagai sebuah lagu yang ditunjukan sebagai penanda serta kabar baik bagi semua teman-teman Freedom Fighter (sebutan untuk penggemar Another Project) bahwasanya hidup adalah perjuangan.

"Seberapa pun keras dan beratnya kita harus bangkit dan terus melawan. Jatuh tersungkur tak buat kita gentar, tetap semangat dan pantang menyerah," tutur Opay, dikutip Opsi pada Kamis, 12 Oktober 2023.

"Yang artinya bahwa, kami masih akan tetap ada dan akan terus berkarya, disela-sela kerasnya dinamika kehidupan para personilnya," ucapnya.

Grup band reggae, Another Project. (Foto: Istimewa)

Jika didengarkan lebih jeli, single ini akan terasa sangat berbeda dari materi di album sebelumnya, lebih berwarna dan berani dalam memberikan unsur yang berbeda.

"Di mini album ini kami banyak mengeksplorasi musik reggae yang dipadu dengan komposisi musik funk, blues, rock, punk, steady beat, alternative, dan bahkan irama Pantura. Beberapa jenis sound distorsi dan over drive pun akan lebih terasa," kata Opay.

Single yang direkam di Jags Studio Rec (Cirebon) oleh Ardi Gyar ini pada proses pengerjaannya sempat bongkar pasang pattern drum, tempo lagu, serta teknis proses perekaman yang berbeda dengan proses perekaman demo live yang dikerjakan beberapa bulan sebelumnya.

Sementara proses mixing dan mastering dikerjakan di Trek House Studio (Surabaya) oleh Prasimansyah selama 1 bulan, dengan share transfer data lewat email dengan beberapa kali revisi.

Lalu mixing dan mastering final dikerjakan personil Another Project dan Prasimansyah sebagai operator selama 1 hari bersama disela jadwal manggung Another Project di Surabaya.

Baca juga: Duo Pop Eclat Lepas Single Kelamaan Teman, Petra Sihombing Jadi Produser

Baca juga: Rendy Pandugo Lepas Single Berbahasa Indonesia, Biarku Merindu

Saat ini, single Pantang Menyerah! milik Another Project sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya