Hukum Selasa, 21 Februari 2023 | 17:02

Upaya Modifikasi Cuaca untuk Evakuasi Kapolda Jambi

Lihat Foto Upaya Modifikasi Cuaca untuk Evakuasi Kapolda Jambi Helikopter Polri. (Foto: CNNIndonesia)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Polri sejauh ini terus melakukan upaya evakuasi terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang masih berada di kawasan hutan di Kabupaten Kerinci.

Polri melakukan proses evakuasi lewat dua cara, yakni dari darat dan udara, sebagaimana disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Menurut dia, upaya untuk melakukan penyelamatan melalui SAR udara dan SAR darat sudah berjumpa dengan rombongan Kapolda yang melaksanakan pendaratan darurat.

"Beberapa orang memang saat ini mengalami luka sehingga kemudian perlu ada upaya lanjutan untuk segera mengevakuasi secara cepat," katanya. 

Namun karena kondisi kabut dan kondisi cuaca kata Kapolri, ini kemudian sangat menghalangi proses evakuasi yang akan dilaksanakan khususnya sampai Selasa siang.

BACA JUGA: Proses Evakuasi Kapolda Jambi Terkendala Cuaca Buruk

"Secara udara masih kesulitan, sehingga tentunya kami sedang berupaya untuk bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kemudian kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi TKP ini betul-betul bisa terlihat jelas, sehingga kemudian evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Disebutkan, pihaknya juga telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan melakukan evakuasi jalur darat. 

BACA JUGA: Ditemukan dan Dievakuasi, Helikopter Mendarat Darurat yang Membawa Kapolda Jambi

"Karena itu saat ini kami sedang membuat mapping terkait dengan rute terdekat dan rute yang aman bagi korban, teman-teman kami yang terluka," ujarnya.

Kapolri mengakui, dibutuhkan langkah yang khusus untuk supaya tidak menambah cedera para korban.

"Di sisi lain juga bisa berjalan dengan baik dan keselamatan kapolda dan jajaran yang saat ini luka tentunya menjadi prioritas kami," ujarnya.

Rombongan Kapolda Jambi itu dalam perjalanan untuk kunjungan kerja ke Polres Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.

Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 itu mengalami pendaratan darurat setelah lepas landas dari Bandara Sultan Thaha Jambi sekitar pukul 09.00 WIB. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya