News Rabu, 01 November 2023 | 15:11

Urusan Copot Baliho di Bali, Jokowi dan Ganjar Bilang Begini

Lihat Foto Urusan Copot Baliho di Bali, Jokowi dan Ganjar Bilang Begini Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di IKN, Rabu, 1 November 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Seluruh aparat yang dibiayai negara diminta netral saat Pemilu 2024. Presiden Jokowi kembali menekankan itu, Rabu, 1 November 2023.

Seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang ada di pemerintahan kabupaten/kota, hingga tingkat pusat juga berlaku bagi aparat TNI-Polri.

Jokowi menyampaikan itu di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten pemerintah kota, pemerintah pusat semua harus netral. ASN semua harus netral. TNI semua harus netral. Polri semua harus netral,” ujarnya.

Terkait adanya informasi pemindahan atribut-atribut partai saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bali, Jokowi mengimbau agar pemerintah daerah berkomunikasi dengan para pengurus partai di daerah.

“(Pemda) berkomunikasi dengan pengurus partai di daerah. Jangan sampai nanti terjadi miskomunikasi dan menjadikan semuanya tidak baik,” ujarnya. 

Sementara itu, Ganjar Pranowo buka suara terkait pencopotan bendera PDIP dan baliho pasangan Ganjar-Mahfud MD saat kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kabupaten Gianyar, Bali, pada Selasa, 31 Oktober 2023 kemarin.

Ganjar mengaku bertanya-tanya kenapa bendera PDIP dan baliho dicopot oleh Satpol PP. Menurutnya, jika tak ada pelanggaran seharusnya tak perlu ada pencopotan.

"Saya lagi coba bertanya-tanya kenapa dicopot. Memang kalau ada yang melanggar sih silakan dicopot tapi kalau tidak melanggar iya sebaiknya tidak perlu berlebihan," kata Ganjar di Sanur, Kota Denpasar, Bali, Rabu, 1 November 2023.

"Tapi saya senang, karena saya sudah komunikasi dengan Bapak Wayan Koster (Ketua DPD PDIP Bali) kemarin, artinya ada statement, terus kemudian dipasang lagi," imbuhnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Usulkan Agus Subiyanto Sebagai Calon Panglima TNI

Ganjar mengajak semua pihak menjaga Pemilu 2024 berjalan aman dan damai. Ia juga berharap aparatur negara netral dalam kontestasi politik tahun depan.

"Yang penting semuanya harus mendorong, bahwa pemilu besok harus berjalan dengan baik, aparatur semuanya bisa netral," ujarnya.

Sebelumnya, petugas Satpol PP Bal, melakukan pencabutan bendera PDIP dan baliho Ganjar-Mahfud MD jelang kunker Presiden Jokowi di Balai Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar Bali.

Petugas Satpol PP awalnya mencopot sejumlah bendera PDIP yang banyak diletakkan di area pagar tembok Balai Desa Batu Bulan. Selain itu mereka juga mencopot sebuah baliho Ganjar-Mahfud yang tepat berada di seberang jalan.

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengatakan baliho tersebut tidak dicopot namun digeser sementara untuk menjaga estetika dan dipasang kembali setelah acara selesai.

"Yang dilakukan adalah menggeser sementara alat sosialisasi berupa baliho agar estetika terjaga dan setelah selesai kegiatan alat sosialisasi baliho tersebut sudah terpasang kembali. Jadi dapat saya tegaskan di sini tidak ada maksud lain kecuali agar kegiatan dapat berjalan dengan nyaman," kata Mahendra melalui video klarifikasi, Selasa, 31 Oktober 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya