News Senin, 22 Mei 2023 | 16:05

Usai Bahas Pertemuan dengan Prabowo, Hasto Bilang Gibran Dapat Tugas Baru dari PDIP

Lihat Foto Usai Bahas Pertemuan dengan Prabowo, Hasto Bilang Gibran Dapat Tugas Baru dari PDIP Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri), Sekjend PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah), dan Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin, 22 Mei 2023. (Foto: ANTARA)

Jakarta - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan pimpinan daerah lainnya yang merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) mendapat tugas untuk membeberkan strategi soal pengentasan kemiskinan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ketiga PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan pada 6-8 Juni 2023.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan hal itu setelah Gibran memenuhi panggilan untuk hadir di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 22 Mei 2023.

Pemanggilan putra pertama Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu oleh DPP PDIP sebagai buntut pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Angkringan Omah Semar, Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat, 19 Mei 2023.

"Sehingga terkait dengan kebijakan kemiskinan, penuntasan kemiskinan, keberpihakan kepada wong cilik, maka kami juga masukkan agenda hari ini dalam pertemuan dengan Mas Gibran," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat.

Kendati demikian, dia menegaskan, sesungguhnya pemanggilan kepada Gibran adalah hal biasa yang bertujuan untuk meluruskan berbagai isu politik, apalagi parpol bernomor tiga pada Pemilu 2024 bakal melaksanakan rakernas ketiga.

"Sebagai partai politik yang memiliki rekam jejak sejarah yang sangat panjang dan memiliki roh ideologis dan perjuangan Bung Karno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927, hari ini kami berdialog dengan Mas Gibran," ujarnya.

"Dialog ini merupakan hal yang rutin kami biasa bertemu DPP partai dengan para kader partai, apalagi ini menjelang Rakernas yang ketiga yang akan dilaksanakan pada 6-8 Juni di Sekolah Partai, Lenteng Agung," sambungnya.

Di sisi lain, ia menuturkan bahwa tema yang diambil dalam Rakernas ketiga PDIP adalah fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.

Dari situ, lanjutnya, tema Rakernas ketiga PDIP turut dibahas ketika elite parpolnya bertemu dengan Gibran yang mendapat tugas memaparkan strategi mengentaskan kemiskinan di Solo.

Selain Gibran, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga mendapat tugas yang sama dari PDIP untuk memaparkan strategi pengentasan kemiskinan di wilayah masing-masing saat rakernas ketiga.

"Kami juga masukkan agenda hari ini dalam pertemuan dengan Mas Gibran, karena nantinya pada saat Rakernas tersebut kami mengundang beberapa tokoh kepala daerah untuk memaparkan strategi di dalam menuntaskan kemiskinan, khususnya bagaimana sesuai dengan Inpres dari Presiden Joko Widodo Nomor 4 tahun 2022 tentang bagaimana menjalankan komitmen dari ideologi Pancasila di dalam menuntaskan kemiskinan dan memberantas kemiskinan ekstrem," ucap  Hasto.[] (ANTARA)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya