News Senin, 27 Februari 2023 | 15:02

Usulan Pasangan Ganjar-Erick Potensi Dibawa ke Forum Musyawarah Koalisi Indonesia Bersatu

Lihat Foto Usulan Pasangan Ganjar-Erick Potensi Dibawa ke Forum Musyawarah Koalisi Indonesia Bersatu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Usulan pasangan Capres-Cawapres, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpotensi dibawa ke forum musyawarah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

"Pasangan calon (paslon) ini nantinya bisa dibawa ke forum musyawarah KIB bersama Partai Golkar dan PPP," kata Arsul.

Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir pertama kali digaungkan dalam Rapat Koordinasi Nasional Partai Amanat Nasional (PAN) yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Semarang, Minggu, 26 Februari 2023.

Ia mengatakan PPP menghormati langkah PAN yang memunculkan nama Ganjar-Erick untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang. PPP bahkan menyambut baik usulan kedua nama tersebut.

"Sebagai mitra koalisi di KIB, tentu PPP menghormati dan menyambut positif apa yang berkembang di Rakornas PAN untuk mengusulkan paslon Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden," ujarnya.

Selain itu, anggota Komisi III DPR RI ini mengakui jika nama Ganjar-Erick memang populer di internal PPP. Kedua nama itu bahkan santer disebut sosok potensial untuk diusung pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sendiri adalah nama-nama yang populer sebagai sosok potensial yang oleh jajaran PPP di berbagai daerah disuarakan sebagai bacapres dan bacawapres," ucap Arsul.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memberi pesan kuat terkait dukungan PAN untuk Ganjar-Erick pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Zulhas dalam pidatonya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 26 Februari 2023.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.[] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya