Hiburan Senin, 22 April 2024 | 20:04

Usung Tema Motif: Ramalan, ARTJOG 2024 Bakal Dihelat Selama 65 Hari

Lihat Foto Usung Tema Motif: Ramalan, ARTJOG 2024 Bakal Dihelat Selama 65 Hari Suasana konferensi pers pembukaan pameran Road to ARTJOG 2024 - Performa Kinestetik, di Galeri Salihara. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perhelatan pameran seni ARTJOG bakal bergulir selama 65 hari mulai 28 Juni-1 September 2024 mendatang. Perayaan kesenian yang telah berusia 17 tahun ini, diagendakan diselenggarakan di Jogja National Museum, Yogyakarta.

Berbicara dalam konferensi pers di Jakarta, Penggagas ARTJOG, Heri Permad mengatakan bahwa pagelaran ARTJOG sejak lama berkomitmen menghadirkan sebuah peristiwa seni yang lebih inklusif. Semangat ini, diwujudkan dalam rancangan festival hingga pelaksanaan program-programnya.

"ARTJOG sebetulnya sejak dulu sudah mencoba untuk inklusif, kita telah membuat banyak program tentang kesetaraan, baik bagi kaum perempuan, gender, anak-anak, manula, penyandang disabilitas dan lain-lain," ucap Heri Permad, dikutip Opsi pada Senin, 22 April 2024.

Selama bertahun-tahun, lanjut Heri, ARTJOG telah membuktikan kontribusinya bagi ekosistem seni rupa Indonesia. Sepanjang periode pelaksanaannya, puluhan pameran dan kegiatan seni dan budaya lainnya ikut diselenggarakan oleh ruang-ruang independen, galeri-galeri, dan komunitas seni di Yogyakarta dan kota-kota lain di sekitarnya.

Selain itu, ARTJOG telah menjadi katalisator dalam mengembangkan aspek pariwisata berbasis seni. Tak kalah penting. ARTJOG telah mengemas sebuah perhelatan seni rupa kontemporer menjadi tontonan yang populer sekaligus sarana pendidikan bagi khalayak luas.

ArtJog 2021. (Foto: Kemenparekraf)

Pada penyelenggaraannya kali ini, ARTJOG mengusung tema Motif: Ramalan. Tajuk ini, disepakati oleh para kurator yang bertugas, sekaligus melanjutkan tema Motif: Lamaran yang diusung pada penyelenggaraan tahun lalu.

Lewat tema ini, ARTJOG mengajak seniman untuk berkelindan di antara pengetahuan sejarah masa lalu dan `ramalan` atas masa depan yang selalu penuh kemungkinan, mengimajinasikan peristiwa dan `sejarah` masa depan.

Menyambung keberlanjutan dari gelaran sebelumnya, ARTJOG kembali menghadirkan program-program pendukung seperti Young Artist Award, ARTJOG Kids, performa ARTJOG, Exhibition Tour, Meet the Artist, Artcare, serta Jogja Art Weeks.

Sebagai pembukaan, sebuah pameran seni rupa kontemporer bertajuk Road to ARTJOG 2024-Performa Kinestetik dihelat di Galeri Salihara, Jakarta Selatan, mulai 20 hingga 30 April 2024. Acara yang dibuka untuk umum ini, menghadirkan presentasi karya dari Zulfian Amrullah, yang dikenal sebagai seorang arsitek, perupa, dan pengarah artistik.

Tak hanya menampilkan karya Zulfian Amrullah, pengunjung perhelatan ARTJOG 2024-Performa Kinestetikn juga dijanjikan untuk menikmati pertunjukan tari yang dibawakan oleh Siska Aprisia.

Lewat tariannya, Siska nantinya bakal memperkuat dialog atas pengalaman tubuh para pengunjung dalam karya instalasi masif dari Zulfian Amrullah.

Baca juga: 61 Seniman Berkolaborasi di Pameran Seni Rupa Artjog 2022

Baca juga: Festival Seni ArtJog 2022 di Yogyakarta, Ajakan untuk Merefleksi Diri

Tiket Road to ARTJOG 2024 - Performa Kinestetik dibandrol harga Rp50.000 perorang. Tiket ini, juga berlaku dan bisa dipakai untuk mengunjungi pagelaran ARTJOG 2024-Motif: Ramalan pada 28 Juni-1 September 2024 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya